Tim FPP - UNP Genjot Perekonomian Masyarakat Gunung Rajo dengan Program Kemitraan Masyarakat

Tim FPP - UNP Genjot Perekonomian Masyarakat Gunung Rajo dengan Program Kemitraan Masyarakat
Tim dari Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (FPP-UNP) melalui kegiatan Pengabdian Dosen dengan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bersama Wali Nagari Gunung Rajo, Erizal Dt Kayo.
Rabu, 25 September 2019 20:50 WIB
Nagari Gunuang Rajo sebagai salah satu kenagarian yang berada di Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat memiliki potensi khas olahan kuliner yang tak banyak diketahui khalayak ramai . Ada banyak hal menarik di Kenagarian ini yang belum tergarap dan dikembangkan dengan maksimal. Aneka olahan cemilan Durian Gunung Rajo seperti Kipang Durian, Dodol Durian adalah salah satu komoditi yang menjadi magnit bagi wisatawan untuk datang berkunjung ke Gunung Rajo.

Untuk menunjang akselerasi percepatannya, kesiapan elemen masyarakat dalam mengembangkan potensi yang dimiliki tersebut tentu saja harus dibarengi dengan upaya - upaya nyata. Terutama kesiapan masyarakat, karena ini berkaitan langsung dengan peningkatan sentra ekonomi masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Nagari Gunung Rajo untuk menggenjot hal itu adalah dengan membentuknya dua kelompok dalam pengembangan potensi, yaitu bagian seksi pemberdayaan sumber daya manusia dan seksi pengembangan usaha. Dua kelompok ini merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG) Gunung Rajo.

Bagian ini merupakan bagian yang nantinya memikirkan usaha yang bisa dikelola untuk penyediaan oleh - oleh yang bisa dibawa pulang oleh para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Rajo.

Pada tahap awal tentu akan ada berbagai kendala dalam pengembangannya. Masalah-masalah tersebut seperti, masih kurangnya pemberdayaan masyarakat guna meningkatan perekonomian, keterbatasan dana dalam penyediaan fasilitas outlet yang menampung produk olahan masyarakat yang dapat dipasarkan di lingkungan Nagari maupun di luar lingkungan Nagari Gunuang Rajo.

Untuk menyikapi hal tersebut, Wali Nagari Gunung Rajo, Erizal Dt Kayo melakukan kerjasama dengan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (FPP-UNP) melalui kegiatan Pengabdian Dosen yang lebih dikenal dengan Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Program PKM yang diketuai oleh Kurnia Illahi Manvi SST.Par, M.Par, ini melakukan berbagai kegiatan Peningkatan Sumber Daya Manusia di nagari Gunung Rajo. DIantara kegiatannya itu adalah dengan menggelar kegiatan pelatihan guna meningkatkan perekonomian masyarakat Gunung Rajo.

Kegiatan tersebut berupa pelatihan pemasaran produk olahan secara luas, ini terkait dengan bagaimana produk olahan masyarakat tidak hanya dijual di lingkungan Nagari Gunuang Rajo, namun bisa dipasarkan melalui media seperti, media sosial, aplikasi jual beli, dan kerja sama dengan outlet-outlet besar.

Narasumber dalam Pelatihan ini adalah Dr.Yuliana ,SP, M.Si merupakan Pakar dalam bidang Kewirausahaan di Universitas Negeri Padang dan rekannya Sulis Purwanto, S.Par. Msc.

Selain kegiatan pelatihan, juga dilakukan kegiatan pemberian bantuan pendirian outlet untuk menampung produk olahan masyarakat. Dalam pemberian bantuan pendirian outlet ini pengusul membantu dalam pembelian bahan yang lokasinya telah disediakan oleh masyarakat. Untuk proses pembangunan masyarakat secara bersama-sama bergotong royong untuk membangun outlet ini.

Pemberian pelatihan semacam ini merupakan hal yang baru bagi masyarakat Gunung Rajo. Saat narasumber menyampaikan materi dan pelatihan keterampilan, masyarakat setempat terlihat sangat antusias dan mengapresiasi setiap penjelasan yang disampaikan oleh Tim PKM Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP. Tidak hanya sampai di situ saja, warga setempat secara kooperatif juga turut andil bergotong royong dalam membantu pendirian outlet-outlet yang telah direncanakan.

Antusiasme dan sikap proaktif masyarakat ini tentu saja membuat para Tim PKM FPP UNP berupaya membantu semaksimal mungkin dalam pelaksanaan kegiatan guna meningkatkan Ekonomi Masyarakat Nagari Gunung Rajo. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Kenagarian Gunung Rajo pada bulan April-Desember 2019. Dengan terlaksananya kegiatan program kemitraan ini diharapkan ke depannya bisa berkelanjutan.

Tentu saja dengan melakukan evaluasi setiap bulan tentang perkembangan outlet dan kenaikan penjualan produk olahan di Gunung Rajo. Selain itu juga diharapkan kepada masyarakat Gunung Rajo agar dapat mengeksplor potensi-potensi yang bisa dikembangkan wilayahnya, agar lebih meningkat dari sektor perekonomian dan juga wawasan masyarakatnya.

Editor:Jontra
Kategori:Ragam
wwwwww