Puasa Bulan Syaban: Keutamaan, Hikmah, Tata Cara dan Niat Puasa

Puasa Bulan Syaban: Keutamaan, Hikmah, Tata Cara dan Niat Puasa
Minggu, 06 Maret 2022 16:23 WIB
JAKARTA – Masyarakat muslim diseluruh dunia sudah memasuki bulan Syaban pada bulan Maret 2022. Bagi masyarakat muslim di Indonesia, bulan Syaban jatuh pada Jumat (04/3/22). Simak keutamaan, hikmah, tata cara, dan niat puasa Syaban.

Hal itu sampaikan oleh Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Surat Pengumuman Nomor: 005/LF–PBNU/III/2022 yang ditandatangani pada Kamis (3/3/2022). "Sebagai tindak lanjutnya maka awal bulan Sya'ban 1443 H bertepatan dengan Jumat Wage 4 Maret 2022 M [mulai malam Jumat] atas dasar rukyah," kata KH Sirril Wafa Plt Ketua LF PBNU dilansir dari laman resmi NU seperti dikutip, Minggu (6/3/2022).

Dalam bulan Syaban ini, terdapat sunnah untuk menjalankan ibadah. Lalu apa keuataman dan hikmah dari puasa Sunnah di bulan Syaban ini? Jadwal Puasa Syaban Dilansir dari laman NU.or.id pada, Minggu (6/3/22) Puasa Sya’ban adalah puasa yang dilakukan di bulan Syaban dan hukumnya Sunnah.

Untuk puasa sendiri, bisa dilaksanakan selama bulan Syaban berlangsung. Namun, terdapat beberapa hari yang memilliki pahala yang besar, yaitu di hari Ayyamul Bidh.

Puasa Ayyamul Bidh pada bulan Syaban 1443 Hijriah atau bertepatan pada bulan Maret 2022 dikerjakan pada tanggal 16, 17 dan 18 Maret 2022. Pada hari tersebut juga terdapat malam Nifsu Syaban yang memiliki pahal yang berlimpah.

Hikmah Puasa Syaban

Bulan Syaban adalah bulan yang sering dilalaikan manusia sebab terjepit di antara dua bulan mulia yaitu Rajab dan Ramadhan, sehingga disunnahkan puasa Syaban agar tidak lalai. Selain itu, juga karena Syaban merupakan bulan laporan tahunan amal manusia kepada Allah swt, sehingga disunnahkan puasa Syaban agar saat laporan tahunan tersebut orang dalam keadaan berpuasa.

Keutamaan Puasa Syaban

Dalam suatu hadits, dikatakan Syekh Nawawi al-Bantani bahwa ada keutamaan yang didapatkan ketika berpuasa Sunnah syaban. "Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Syaban, karena kecintaan Rasulullah saw terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat,".

Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi, Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în, [Bairut, Dârul Fikr], h. 197).

Tata Cara Puasa Syaban

Pertama, niat di hati. Niat puasa baik dilakukan dengan niat puasa mutlak. Kedua, makan sahur. Lebih utama makan sahur dilakukan menjelang masuk waktu subuh sebelum imsak. Ketiga, melaksanakan puasa dengan menahan diri dari segala hal yang membatalkan, seperti makan, minum dan semisalnya.

Keempat, lebih menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan pahala puasa seperti berkata kotor, menggunjing orang, dan segala perbuatan dosa.

Kelima, segera berbuka puasa saat tiba waktu maghrib. Niat Puasa Syaban Nawaitu shauma sya’bana lilahi ta’ala. Artinya, "Saya niat puasa Sya’ban karena Allah ta’ala.***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/