Loading...
Home >  Berita >  Sawahlunto
Sawahlunto
gosumbarcom_gszk3_3746.jpg
FIG Sawahlunto Fasilitasi Guru Naik Pangkat
Rabu, 09 Maret 2016 14:45 WIB
SAWAHLUNTO - Forum Ilmiah Guru (FIG) Kota Sawahlunto menggelar seminar sehari. Seminar ini mengambil tema melaluike penulisan karya tulis ilmiah kita wujudkan guru profesional. Kegiatan digelar di aula SMK 2 Sawahlunto.
Formasta Gelar Festival Tangsi Rantai
gosumbarcom_2ttpc_3571.jpg
SAWAHLUNTO - Mimpi jadikan kampung seni, sejumlah warga di Kelurahan Tanahlapang, Kecamatan Lembahsegara, Kota Sawahlunto, mengangkat kembali nilai budaya sosial masyarakat heterogen yang sudah punah dan ditinggalkan. Untuk membangkitkan kembali cerita masa lalu, Forum Masyarakarat Seni Tanahlapang (Formasta) menggelar pagelaran kesenian dan kuliner jajanan disepanjang jalan yang disebut kawasan “tangsi” itu. Pagelaran tersebut akan berlangsung besok, Sabtu, 5 Maret 2016.
gosumbarcom_zynrz_3513.jpg
SAWAHLUNTO - Jelang kompetisi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Mei 2016, dan Porprov XIV di Padang Oktober tahun ini,  Pengurus Cabang INKAI Kota Sawahlunto  terus melakukan peningkatan latihan kepada seluruh karateka yang akan diturunkan. Hingga berita ini naik di portal www.gosumbar.com, para atlit  INKAI Sawahlunto yang dipimpin Yanuardi  itu secara intensif  berlatih  maksimal.
gosumbarcom_ffqh4_3423.jpg
SAWAHLUNTO -  Bosan dengan gaya modernisasi dan western, sebuah kreatifitas seni bergaya tempo doeloe kembali dimunculkan kalangan anak muda kreatif yang tergabung dalam B&G Modeling Kota Sawahlunto. Dengan menampilkan konsep jadul (jaman dulu), mereka menorehkan kembali gaya hidup  bergaya Belanda dan Eropa. Sebuah potret yang hanya untuk dikenang dari sebuah perjalanan sejarah  dibalik penderitaan “orang rantai” pekerja paksa tambang batubara Ombilin diakhir abad ke 18 silam.
gosumbarcom_ywnrn_3414.jpg
SAWAHLUNTO – Upaya  menggolkan nasib sekitar 2500 guru honor K2 untuk diangkat sebagai PNS terus dilakukan Dewan Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sumatera Barat.  Meski upaya itu butuh waktu dan tenaga, PGRI Sumbar tak akan pernah berhenti bereaksi memperjuangkan masa depan guru honor itu ke Pemerintah  Pusat dan DPR RI.
gosumbarcom_rzgz4_3403.jpg
PADANG - Turnamen sepakbola antar kecamatan di Sumbar, Irman Gusman Cup, merupakan turnamen penuh mimpi dan bertabur hadiah. Tak hanya kepada pemain dan tim juara yang dapat hadiah, panitia pelaksana dari Sparten Enterprise, juga memberikan hadiah kepada penton terbaik dan kepada media/wartawan yang meliput selama pelaksanaan turnamen.
gosumbarcom_q8eqt_3357.jpg
PADANG - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat merilis penangkapan terhadap 5 tersangka pengedar dan pengguna narkotika jenis shabu yang ditangkap pada dua tempat terpisah sejak sepekan terakhir di Sumatera Barat. Ke 5 tersangka itu, masing-masing berinitial HN (30), warga Simpang Tiga, Sikabu, Kampung Tangah, Lubuk Basung, RY (30), GP (23), DN (34) dan PA (20), warga Lubang Tembok, Kelurahan Saringan, Barangin, Sawahlunto.
gosumbarcom_5fjwl_3352.jpg
PADANG - Trophy bergilir Irman Gusman Cup, turnamen terbesar dalam sejarah persepakbolaan di Sumatera Barat, akan tiba di Padang. “Dan dipastikan akan dipajang saat pembukaan turnamen,” kata Tria Suprajeni, Ketua Umum Panitia.
gosumbarcom_3erhr_3339.jpg
BNK Sawahlunto Tangkap Pengedar dan Pemakai Narkoba
Jum'at, 26 Februari 2016 12:19 WIB
SAWAHLUNTO - Seorang pengedar dan pengguna narkoba ber inisial RY (30),  asal Muaro Bodi, Kabupaten Sijunjung, berhasil ditangkap aparat Badan Narkotika Kota Sawahlunto dalam sebuah operasi bersama jajaran Satnarkoba Polres Sawahlunto. Bersamanya juga diamankan dua wanita di duga pemakai berinisial DN (34), PA (23), dan rekan RY berinisial GP, di kawasan Lubang Tembok, Kelurahan Saringan, Kecamatan Barangin, Sawahlunto, Rabu  (24/2/2016).
gosumbarcom_sd382_3118.jpg
SAWAHLUNTO – Kemajuan perbaikan lokomotiv tua “Mak Itam” E 1060 yang mengalami kerusakan parah sudah mencapai 30 persen. Pihak mekanik kini sedang menunggu sejumlah komponen pengganti seperti pipa khusus plompet yang dirancang dan dibuat ulang disebuah pabrik baja di Medan, disamping itu pihaknya juga masih memperbaiki bagian lain seperti piston, metal roda, dan bagian lain yang dicurigai mengalami kerusakan karena penuaan.
gosumbarcom_bmsyf_3012.jpg
SAWAHLUNTO - Loko uap legendaris E 10 60 "Mak Itam" yang mengalami kerusakan kini kembali diperbaiki setelah beberapa tahun ini tidak di operasikan sebagai kereta wisata Sawahlunto. Sebelumnya, nasib loko ini memprihatinkan, bagian dinding terlihat berkarat dan badannya terhimpit runtuhan bangunan.  Lokomotif tua bekas penarik gerbong batubara tahun tujuhpuluhan ini  diperbaiki PT Kereta Api Indonesia Regional II Sumatera Barat melalui mitra kontraktor berbadan hukum dari Medan, Sumatera Utara.  
gosumbarcom_lpkzv_2748.jpg
SAWAHLUNTO - Elfanis, perempuan tua berusia hampir kepala tujuh ini tak pernah mimpi menginjakkan kaki di Rizal Park, Manila, Pilipina, jika bukan sebagai pemilik Oma Homestay di kawasan Tangsi Gunung, Kelurahan Air Dingin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Wanita penuh inspirasi ini baru saja pulang menjemput penghargaan “ASEAN Homestay Award” yang dianugerahkan ASEAN Tourism  Forum di Mindanao Ball Room, Philippine Plaza, Pasay City, Manila, Pilipina, beberapa hari lalu.
gosumbarcom_qtqcm_2701.jpg
SAWAHLUNTO - Oma Homestay Sawahlunto berhasil meraih penghargaan bergengsi “ASEAN Homestay Award 2016-2018” yang diselenggarkan ASEAN Tourism Forum (ATF) di Manila, Philipina, pekan silam (18-22/1/2016).
gosumbarcom_hkjpy_2262.jpg
SAWAHLUNTO - Sebagai lembaga negara baru di daerah, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Sawahlunto terus melakukan koordinasi dengan berbagai lembaga seperti Polri, TNI, Kejaksaan, Pemerintah Daerah, serta tokoh masarakat. Hal ini diperlukan sebagai langkah mempermudah pelaksanaan tugas BNN dalam berkoordinasi menyukseskan program kerja terkait penyuluhan, rehabilitasi, serta pemberantasan peredaran narkoba di tahun 2016 ini.
gosumbarcom_uvuuz_2186.jpg
JR Sumbar Serahkan Santunan Dalam Hitungan Jam
Jum'at, 22 Januari 2016 06:00 WIB
SAWAHLUNTO - PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Sumbar membuktikan komitmennya, dalam hitungan jam menyerahkan santunan untuk Aldy Saputra, korban meninggal dunia karena kecelakaan di Sawahlunto, Kamis (21/1/2016) dinihari. Santunan ini diserahkan langsung oleh Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Solok, H. Kurnia Indrawan kepada Diyanti, ahliwaris yang juga orang tua korban di kediamannya, Kamis siang.
gosumbarcom_zrp2c_1817.jpg
PADANG - Sembilan warga meninggal dunia akibat serangan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Sumatera Barat. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat mencatat, ada 161 kasus demam berdarah dengue (DBD) di 19 kabupaten/kota di provinsi itu. Dari data tersebut, sudah sembilan kasus berujung pada kematian dari awal Desember 2015 hingga kemarin.
gosumbarcom_yyugk_1756.jpg
PADANG - Tiga daerah yang terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DB) di Sumatera Barat, ditetapkan sebagai daerah dengan menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) demam berdarah (DBD). Ketiga daerah tersebut yaitu Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung, dan Kota Sawahlunto. Penetapan tersebut disebabkan karena meningkatnya jumlah masyarakat yang terserang DBD.
gosumbarcom_vxq4j_1735.jpg
PADANG - Meningkatnya jumlah korban penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di beberapa Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, terutama di Sawahltunto, Sijunjung dan Dharmasraya, menurut Dinkes (Dinas Kesehatan) Sumbar sebagai buah kegagalan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal masing-masing. Dan untuk tiga daerah yang ditemukan kasus DBD ini belum satu daerah pun yang ditetapkan sebagai temuan Keja­dian Luar Biasa (KLB) DBD.
gosumbarcom_vxkpd_1732.jpg
SAWAHLUNTO - Kasus DBD (Demam Berdarah Dengue) yang menyerang warga di Kota Sawahlunto yang menyebabkan 3 orang meninggal dunia menjadi perhatian Pemerintah Kota Sawahlunto dan Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Sawahlunto. Kepala Bidang Pengenda­laian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkessos Sawahlunto, Al Anshari menga­takan, atas terjadinya sesangan DBD itu, maka pihaknya telah menyurati seluruh Puskesmas di Kota Sawahlunto.
gosumbarcom_kfp7s_1731.jpg
Terjangkit DBD, 3 Orang Meninggal Dunia di Sawahlunto
Senin, 28 Desember 2015 07:04 WIB
SAWAHLUNTO - Tiga orang meninggal dunia akibat terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Data yang didapat dari Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Sawahlunto, hingga minggu ketiga Desember 2015 terdapat 143 kasus DBD dengan 3 orang meninggal.
gosumbarcom_52nce_1197.jpg
SAWAHLUNTO, GOSUMBAR.COM - Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Provinsi Sumbar ke - XXXVI secara resmi ditutup oleh Asisten III Setdaprov Sumbar, Sudirman Gani hari ini, Sabtu 14 November 2015.
gosumbarcom_4kfqr_1151.jpg
SAWAHLUNTO - Usai membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat Provinsi Sumatera Barat di lapangan sepakbola Ombilin, Kota Sawahlunto, Minggu (8/11/2015) malam, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saefuddin, Senin (9/11/2015) berziarah ke makam pahlawan nasional asal Sumbar, Mahaputra Muhammad Yamin.
www www