Home  /  Berita  /  Peristiwa

Tambang Batu Bara Meledak di Sawahlunto, Gubernur: Setiap Perusahaan Tambang Perlu Memperbaiki SOP!

Tambang Batu Bara Meledak di Sawahlunto, Gubernur: Setiap Perusahaan Tambang Perlu Memperbaiki SOP!
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Walikota Sawahlunto Ali Yusuf meninjau lokasi tambang PT NAL yang meledak. (Biro Humas Sumbar)
Rabu, 29 Juni 2016 11:46 WIB

SAWAHLUNTO - Gubernur Irwan Prayitno melakukan kunjungan kelokasi musibah tambang batu bara Sawalunto pada Lubang tambang batu bara yang dikelola PT NAL berlokasi di Parambahan Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat sekitar 97 kilometer ke arah selatan Kota Padang, Selasa siang (28/6/2016).

Ikut mendampingi Walikota Ali Yusuf, Wawako Ismet, Kadis Pertambangan Provinsi, beberapa kepala SKPD dilingkungan Pemko Sawahlunto serta pimpinan PT NAL. 

Kejadian dilaporkan meledak pada Senin malam (27/6/2016) pukul 22.30 WIB. Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan itu menyampaikan prihatian dan kepada pihak PT NAL agar bertanggungjawab memberikan perhatian terhadap korban. Saat ini pihak kepolisian telah melakukan pengecekan dan pemeriksaan lokasi oleh tim ESDM. Dan butuh waktu satu minggu untuk melihat tingkat kesalahannya.

Kita berhadap setiap perusahaan tambang baru bara ini selalu memperhatikan Standar Operasional Pelayanan (SOP) keselamatan kerja. Penataan SOP Ini yang mungkin kita tindak lanjuti dalam berbagai pertemuan nantinya oleh SKPD terkait, yang mesti menjadi peharian serius perusahaan tambang di Sumatera Barat, harapnya.

Irwan juga menegaskan bagi tambang yang tidak sesuai dengan SOP dan tidak sesui dengan dengan aturan perundang-undangan akan di tutup. Namun kita juga mesti paham kebutuhan akan tambang batu bara saat sangat tinggi dan perlu ditingkatkan, maka segala persyaratan perlu menjadi perhatian agar pelaksanaan operasional tambang dapat berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan itu Gubernur Irwan Prayitno berkesempatan mengunjungi korban ledak tambang di Rumah Sakit Umum Daerah Sawahlunto. (Humas Sumbar)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/