Ditemukan Setelah Hilang 18 Bulan, Nining Dipastikan Bukan Tenggelam, Melainkan . . . .

Ditemukan Setelah Hilang 18 Bulan, Nining Dipastikan Bukan Tenggelam, Melainkan . . . .
Nining Sunarsih dirawat di rumah sakit usai ditemukan. (dream)
Rabu, 04 Juli 2018 20:44 WIB
SUKABUMI - Penemuan Nining Sunarsih (52), di Pelabuhan Ratu, setelah dinyatakan tenggelam dan hilang sejak 18 bulan lalu, memunculkan tanda tanya. Diyakini Nining tidak tenggelam dan diduga selama ini dia tinggal di suatu tempat.

Dikutip dari dream, Ketua Yayasan Panti Sosial Rehabilitasi Mental Aura Welas Asih, Denny Silang, punya dugaan Nining merupakan salah satu orang yang pernah dirawat di tempatnya. Yayasan ini adalah tempat rehabilitasi bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Denny mengatakan pada 2017, yayasannya pernah menjaring sejumlah orang gila yang terlantar di jalanan. Ada enam orang yang terjadi, laki-laki dua orang dan perempuan empat orang.

Menurut Denny, salah satu dari perempuan itu dikenali dengan identitas Mrs X 12 yang terjaring di antara Jalan Cisolok dengan Jalan Raya Citepus. Dari ciri fisik, kata Denny, Nining memiliki kesamaan dengan Mrs X 12.

''Dia kami ambil dan rawat di panti, yang perempuan diduga mirip Nining,'' ucap Denny, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 4 Juli 2018.

Denny cukup yakin Nining adalah Mrs X 12 dilihat dari wajah, tepatnya bibir dan rahang. Dia juga mengaku memiliki foto Mrs X 12.

''Saya memiliki foto Mrs X 12, kemudian disandingkan dengan foto Nining yang didapat dari wartawan. Saya bilang pernah lihat ini orang di panti. Cocok banget,'' kata dia.

Lebih lanjut, Denny mengatakan ada sedikit perbedaan yaitu pada bentuk badan. Menurut dia, Nining terlihat sedikit lebih kurus dibandingkan saat ditemukan 18 bulan lalu.

''Sekarang agak kurus. Intinya saya yakin kalau Mrs X 12 itu Nining,'' tegas Denny.

Kondisi Nining Usai Ditemukan

Usai ditemukan, Nining menjalani perawatan di RSUD R Syamsudin SH di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Saat ditemukan, Nining dalam kondisi lemah dan tidak dapat bicara.

Kepala Bidang Penanganan Keluhan RSUD R Syamsudin SH, dr. Wahyu Andriana, mengatakan Nining tidak dapat diajak bicara ketika tiba di rumah sakit. Tetapi, kondisi fisik Nining cukup bagus dan mampu merespon instruksi yang diberikan dokter.

''Waktu itu pasien tidak berbicara. Secara fisik bagus, disuruh angkat tangan, angkat kaki, bagus,'' ujar Wahyu, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 4 Juli 2017.

Selain itu, Nining tiba dalam kondisi banyak pasir di pakaiannya. Tidak ada satupun pakaian yang dikenakan Nining kala itu diganti.

''Masih lengkap, banyak pasir, tidak ada tanda-tanda lain,'' kata Wahyu.

Selanjutnya, kata Wahyu, Nining hanya beberapa jam di rumah sakit lantaran pihak keluargameminta dibawa pulang. Tetapi, karena kondisi yang masih lemah, Nining dibawa kembali ke rumah sakit.

''Masuk lagi, pasien lemes, kemungkinan karena nggak makan-makan. (Hipoglikemia/kurang kadar gula dalam darah) kemungkinan, ada darah tinggi sedikit,'' ucap Wahyu.

Lebih lanjut, Wahyu menuturkan langkah rumah sakit saat ini fokus pada pemulihan kesehatan Nining secara umum. Setelah tahap ini selesai, kemungkinan dilanjutkan ke sisi psikis.

''Kebetulan belum dinilai (psikisnya),'' ucap Wahyu.***

Editor:hasan b
Sumber:dream.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww