Kunjungi Ramallah, PM Jepang Kembali Tegaskan Dukung Palestina Merdeka

Kunjungi Ramallah, PM Jepang Kembali Tegaskan Dukung Palestina Merdeka
PM Jepang Shinzo Abe bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah. (merdeka.com)
Rabu, 02 Mei 2018 11:30 WIB
JAKARTA - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kembali menegaskan dukungan negaranya terhadap upaya mewujudkan Palestina merdeka. Dukungan itu disampaikan Abe saat bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Kota Ramallah, Palestina.

Dikutip dari merdeka.com, kantor berita resmi Palestina, Wafa, mengatakan bahwa Abbas berterima kasih kepada Abe atas dukungan negara mereka bagi rakyat Palestina, dikutip dari Straits Time, Rabu (2/4).

Orang-orang Palestina tetap ''siap untuk bekerja sama bagi keberhasilan upaya internasional untuk menemukan proses politik,'' asalkan itu didasarkan pada hukum internasional dan pembentukan negara Palestina, tulis media tersebut.

Shinzo Abe bertemu Mahmoud Abbas sebagai bagian dari tur Perdana Menteri Jepang itu di Timur Tengah.

Palestina saat ini menolak untuk bertemu dengan tim negosiasi Presiden AS Donald Trump atas tuduhan pro-Israel, dan Abbas telah menyerukan negara lain untuk melangkah memfasilitasi proses baru.

Abe sedang dalam perjalanan ke Timur Tengah dan akan bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Kunjungannya juga termasuk perjalanan ke Uni Emirat Arab dan Yordania.

Perwakilan dari Jepang, Yordania, Israel dan Palestina mengadakan pertemuan di sekitar Laut Mati, Yordania pada Minggu malam untuk membahas ''koridor untuk perdamaian dan kesejahteraan'' atas inisiatif mereka.

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono mengatakan kepada para wartawan inisiatif yang bertujuan untuk mempromosikan kerja sama regional termasuk melalui penciptaan taman agro-industri di Tepi Barat, ada kemajuan.

''Upaya kami akhirnya mulai berbuah,'' kata Kono.

Dia mengatakan inisiatif itu penting untuk pembangunan ekonomi di wilayah Palestina dan Yordania.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww