Ibu Menyusui Jangan Mengonsumsi Makanan dan Obat Ini

Ibu Menyusui Jangan Mengonsumsi Makanan dan Obat Ini
Ilustrasi ibu menyusui. (int)
Senin, 23 April 2018 08:06 WIB
JAKARTA - Makanan dan minuman yang dikonsumsi akan mempengaruhi ASI (air susu ibu) yang dihasilkan. Karena itu, para ibu yang menyusui bayinya, terutama saat usia bayi masih di bawah tujuh bulan, harus menghindari jenis-jenis makanan dan minuman yang berpotensi menurunkan kuantitas dan kualitas ASI.

Dikutip dari dream, berikut jenis-jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari para ibu menyusui:

1. Alkohol

Bentuk alkohol tidak hanya pada minuman tapi juga makanan. Jadi sebaiknya memang hati-hati, apalagi jika masih menyusui.

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan saat menysusui menurut penelitian bisa berdampak buruk bukan hanya pada jumlah produk ASI, tapi juga kualitasnya.

Konsumsi alkohol saat menyusui akan sangat berpengaruh pada aroma dan rasa ASI. Jadi sebaiknya hindari minum-minuman beralkohol saat menyusui.

2. Sage, parsley, peppermint, dan menthol

Sage, parsley, peppermint dan menthol merupakan rempah yang biasa digunakan dalam makanan atau minuman. Jika mengonsumsi asupan yang kaya akan rempah tersebut sebaiknya berhati-hati.

Daun dan rempah tersebut jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa berpengaruh pada hormon yang berdampak buruk pada produksi ASI.

3. Pseudoephedrine, methergine, dan bromocriptine

Beberapa jenis obat juga sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui. Seperti pseudoephedrine, yang banyak ditemukan pada obat pilek, batuk dan flu.

Lalu jenis obat methergine, yang biasanya dikonsumsi untuk mengatasi pendarahan setelah melahirkan.

Ada juga obat bromocriptine. Obat-obat tersebut juga berdampak buruk pada produksi ASI.

Akan lebih baik jika berkonsultasi dulu dengan dokter jika mengonsumi obat saat menyusui.***

Editor:hasan b
Sumber:dream.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww