Dekat dengan Umat Islam dan 3 Alasan Lainnya Jadikan Elektabilitas Jenderal Gatot Menguat Sebagai Cawapres

Dekat dengan Umat Islam dan 3 Alasan Lainnya Jadikan Elektabilitas Jenderal Gatot Menguat Sebagai Cawapres
Jenderal Gatot Nurmantyo bersama para ulama. (int)
Rabu, 28 Maret 2018 07:50 WIB
JAKARTA - Nama mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo belakangan ini semakin santer disebut-sebut sebagai calon wakil presiden (Cawapres) pada pemilihan presiden tahun 2019 mendatang.

Dikutip dari merdeka.com, berdasarkan hasil survei yang dilakukan beberapa lembaga survei, ada empat alasan yang membuat elektabilitas Gatot sebagai Cawapres terus menguat.

1. Dekat dengan umat Islam

Sosok Gatot adalah seorang yang dekat dengan kelompok Islam dan juga nasionalis. Sehingga, banyak yang mengatakan jika Gatot serasi jika disandingkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam beberapa kesempatan Gatot berharap masyarakat atau umat muslim bisa mewujudkan Islam yang damai, sejuk dan toleran.

2. Pemimpin yang tegas

Lembaga Media Survei Nasional (Median) pernah merilis kandidat wakil presiden. Nah, salah satunya Gatot dipilih karena tegas oleh 21,4 persen pemilih.

Sebagai contoh saat menjadi Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo bahkan meminta anak buahnya tidak ragu mengambil tindakan dalam mengamankan Pilgub DKI Jakarta yang waktu itu memiliki tensi politik yang panas.

Bahkan dia siap menerima konsekuensi terberat dari tindakan yang diambil anak buahnya.

3. Pemimpin merakyat

Walau dikenal pemimpin yang tegas, tapi hati dari Gatot dipersepsikan sangatlah lembut. Saat menjadi Panglima, Gatot pernah membuat pernyataan: ''Jadilah seorang pemimpin, bukan seorang bos''.

Dia juga pernah mengajak para prajurit untuk menonton bersama film yang berjudul Merah Putih Memanggil. Terlihat tidak ada pembatas antara pemimpin dan anak buah.

4. Bijaksana dan mampu jaga NKRI

Alasan orang suka dengan Jenderal Gatot karena dinilai sebagai orang yang bijaksana. Hal itu terpotret dalam survei Lembaga Media Survei Nasional (Median).

Selain itu juga dinilai mampu menjaga NKRI karena latarbelakangnya sebagai seorang militer.

Itulah persepsi masyarakat tentang Gatot hingga membuat namanya cukup diperhitungkan sebagai Cawapres. ***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww