Waspadai Keripik Jamur Snack Good, Kandung Narkotika Golongan 1, Begini Bentuk Kemasannya

Waspadai Keripik Jamur Snack Good, Kandung Narkotika Golongan 1, Begini Bentuk Kemasannya
Keripik jamur Snack Good. (dream)
Selasa, 31 Oktober 2017 13:42 WIB
JAKARTA - Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) telah menguji kandungan keripik jamur Snack Good. Hasilnya sangat mengejutkan. Ternyata Snack Good mengandung psilosibin sp atau dikenal sebagai magic mushroom, yang menyebabkan efek halusinasi.

Karena itu BPOM mengingatkan masyarakat wapada, sehingga terhindar dari mengonsumsi makanan mengandung narkotika tersebut.

Dirilis situs resminya, pom.go.id, BPOM menyebut Snack Good terbuat dari jamur psilosibin. Jamur ini tumbuh secara alami di kotoran hewan, lumpur dan ranting kayu busuk.

Jamur ini dikenal masyarakat awam dengan nama jamur tahi sapi.

Berdasarkan literatur, jamur tahi sapi mengandung bahan aktif psilosibin dan psilosina yang termasuk ke dalam narkotika golongan 1.

Psilosibin mempunyai sifat halusinasi dan dapat mengubah suasana hati (mood), mengubah persepsi diri dan dunia sekeliling. Selain itu, zat ini dapat membuat seseorang meluapkan perasaan baik rasa senang maupun rasa sedih.

BPOM menyebut produk tersebut tidak terdaftar atau tidak mempunyai izin edar. Produk ini tidak memiliki nomor izin edar BPOM dan nomor izin edar dari Dinas Kesehatan.

Apabila produk tersebut ditemukan di peredaran maka dapat dikategorikan sebagai produk pangan ilegal. BPOM bersama instansi terkait akan terus mendalami kasus ini untuk mencegah beredarnya produk yang dapat berpotensi buruk terhadap kesehatan.

Seorang Penjual Ditangkap

Direktorat IV Narkoba Mabes Polri telah mengamankan penjual keripik jamur yang terbuat dari magic mashroom atau jamur tahi sapi produksi Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada 25 Oktober 2017.

''Kami menangkap satu orang pelaku (bernama) Eddy Haryono alias Cyan,'' kata Eko kepada Dream melalui pesan singkat, Selasa 31 Oktober 2017.

Menurut Eko, setelah dilakukan pengetesan sampel di Puslabfor Mabes Polri dan Badan Narkotika Nasional, keripik jamur merek Snack Good tersebut positif mengandung psilosin.

''Positif mengandung psilosin, golongan 1 narkotika,'' ucap dia.

Dalam penangkapan itu, polisi mengamankan sejumlah barang bukti yakni 47,4 kilogram jamur tahi sapi matang dan 4 kilogram tahi sapi masih mentah.

Selain itu, polisi juga mengamankan timbangan, alat pres, dua ponsel, dua buku tabungan, serta satu lembar kartu tanda penduduk (KTP) milik pelaku.

Eko mengatakan, keripik jamur tahi sapi ini biasa dijual oleh pelaku menggunakan online shop.***

loading...
Editor:hasan b
Sumber:dream.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww