Tunjangan Profesi Guru dan Inpassing Ditargetkan Selesai November 2017

Tunjangan Profesi Guru dan Inpassing Ditargetkan Selesai November 2017
Seorang guru agama Islam mengajarkan gerakan shalat kepada siswa. (republika.co.id)
Minggu, 03 September 2017 14:57 WIB
JAKARTA - Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Prof Suyitno mengatakan, pihak Kemenag telah membentuk tim khusus percepatan penyelesaian tunjangan profesi guru (TPG) dan inpassing.

Penyelesaian dana tunjangan untuk guru ini, menurut Suyitno, ditargetkan paling lambat akhir November 2017, sehingga ribuan guru non PNS di sekolah-sekolah yang berada dalam kewenangan Kemenag segera dapat dana tunjangan.

Suyitno mengatakan, bahwa sebenarnya masalah TPG dan Inpassing ini sudah bergulir sejak lama. Kemudian, Kemenag membentuk tim khusus untuk mempercepatnya.

''Sudah dibentuk. Tim ini diharapkan agar proses TPG ini dipercepat,'' ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (3/9). 

Menurut dia, tim percepatan itu nantinya akan melakukan koordinasi dengan seluruh Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kanwil Kementerian Agama di masing-masing provinsi.

''Karena ini leading sektornya ada di pusat, jadi jalur koordinasinya nanti Kanwil-Kanwil di seluruh Indonesia,'' ucapnya. 

Dia menuturkan, untuk mencari anggaran TPG tersebut membutuhkan proses panjang, sehingga selama beberapa tahun terakhir dana tunjangan tersebut menunggak.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga sudah berulangkali menyurati Kementerian Keungan yang punya kewenangan dan juga meminta dukungan dari Komisi VIII DPR RI.

''Tahun 2017 ini lalu usulan kita didukung dan disetujui oleh DPR lewat Komisi VIII bahkan lalu masuk Banggar. dengan eksekusi Komisi VIII dan Banggar itulah yang kemudian Kementerian Keuangan menyetujui penambahan anggaran Rp4,6 miliar untuk dimasukkan ke APBN-P 2017,'' katanya.

Menurut dia, jumlah guru non PNS yang akan menerima anggaran tersebut sekitar 536.476. Ditargetkan, ribuan guru tersebut akan menerima pada Akhir November 2017. ''Jumlah guru Non PNS sasarannya 536.476. Akhir November paling lambat sudah harus selesai,'' ujarnya. 

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Prof Kamaruddin Amin meminta agar seluruh Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kanwil Kementerian Agama di masing-masing provinsi untuk bergerak cepat untuk percepatan penyelesaian TPG dan inpassing 

''Jika dimungkinkan, akan dibentuk tim khusus yang terdiri dari pusat dan daerah untuk percepatan penyelesaian TPG dan inpassing untuk memastikan semua proses berjalan lancar,'' ujar Kamaruddin saat rapat koordinasi langkah percepatan penyaluran TPG dan inpassing terutang guru madrasah di Palembang, beberapa waktu lalu. ***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww