Gara-gara Monyet Buka Aurat Siswi, Pecah Perang Antar Suku Gunakan Tank, Mortir dan Senjata Berat, 16 Orang Tewas

Gara-gara Monyet Buka Aurat Siswi, Pecah Perang Antar Suku Gunakan Tank, Mortir dan Senjata Berat, 16 Orang Tewas
(dream)
Selasa, 22 November 2016 19:06 WIB
JAKARTA - Perang antar suku pecah di Libya gara-gara kenakalan seekor monyet. Sebanyak 16 orang tewas dan puluhan luka-luka akibat perang saudara tersebut.

Perang saudara itu bermula ketika seekor monyet milik seorang pemilik toko dari suku Gaddadfa menyerang sekelompok siswi yang sedang lewat.

Hewan primata itu melepaskan hijab sehingga terbuka aurat bagian atas salah satu siswi dari suku terkemuka Awlad Suleiman. Untuk membalas dendam, suku Awlad membunuh tiga warga suku Gaddadfa beserta monyet bersangkutan.

"Ada eskalasi pada hari kedua dan ketiga dengan menggunakan tank, mortir dan senjata berat lainnya. Masih ada bentrokan sporadis dan kehidupan benar-benar tertutup di wilayah yang bertikai," kata seorang warga lokal. 

Perdamaian Selalu Gagal

Seperti di wilayah Libya lainnya, wilayah Sabha seringkali terkoyak oleh konflik bersenjata sejak mantan pemimpin Muammar Gaddafi digulingkan lima tahun yang lalu.

Di wilayah Sabha, yang merupakan pusat migran dan penyelundupan senjata, konflik seringkali dipicu oleh aksi milisi dan memburuknya kondisi hidup.

Suku Gaddadfa dan Awlad Suleiman mewakili faksi-faksi bersenjata paling kuat di wilayah tersebut.

Selama bentrokan terbaru, upaya para pemimpin suku untuk menghentikan pertempuran dan mengatur gencatan senjata mengalami kegagalan.

Seorang juru bicara Sabha Medical Centre mengatakan rumah sakit menerima 16 jenazah yang tewas dan sekitar 50 orang yang terluka dalam bentrokan.

"Di antara yang terluka ada perempuan dan anak-anak. Sementara beberapa orang asing dari negara-negara Afrika sub-Sahara ditemukan tewas akibat penembakan membabi buta," tambah juru bicara tersebut.

Wilayah Sabha sendiri terletak sekitar 410 mil atau 660 kilometer selatan ibukota Libya, Tripoli.***

Editor:sanbas
Sumber:dream.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/