Komikus Gundala Putra Petir Meninggal Dunia

Komikus <em>Gundala Putra Petir</em> Meninggal Dunia
Hasmi dan Gundala Putra Petir. (republika)
Minggu, 06 November 2016 18:49 WIB
YOGYAKARTA - Kabar duka datang dari dunia komik Indonesia. Pencipta karakter komik ''Gundala Putra Petir'', Harya Suryaminata atau lebih dikenal dengan Hasmi meninggal dunia pada usia 70 tahun di Yogyakarta, Minggu (6/11) pukul 12.30 WIB.

Kabar itu disampaikan seniman Butet Kartaredjasa lewat akun Twitter-nya, @masbutet. "Selamat Jalan Mas Hasmi, ayahnya Gundala Putra Petir," tulis Butet.

Seniman Yogya Khocil "Surasa" Bhirawa mengatakan, pencipta karakter komik 'Gundala Putra Petir', Hasmi meninggal akibat penyakit usus yang dideritanya. Komikus kawakan ini dirawat di rumah sakit secara intensif selama 10 hari terakhir.

"Rencananya besok dimakamkan di Makam Seniman, Bantul," ujarnya, Minggu (6/11).

Harya Suraminata atau biasa dipanggil Hasmi pencipta komik Gundala Petir, meninggal dunia di RS Bethesda Yogyakarta.

Gundala Putra Petir terbit pertama kali pada 1969. Selama rentang waktu 1969 sampai 1982 Gundala Putra Petir sudah terbit 23 judul komik.

Tidak hanya para seniman. Beberapa selebriti yang pernah membaca atau menonton filmnya yang pertama kali tayang pada 1981 juga mengucapkan bela sungkawa.

"RIP Hasmi, komikus Gundala Putra Petir (25 Des 1946 - 6 Nov 2016) Jogja, Minggu pkl 12.30 wib," tulis komika Dodi Mulyanto di twitternya @Dodi_Mulyanto.***

Editor:sanbas
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww