Lima Kebohongan Menggemparkan Dunia yang Berhasil Diungkap

Lima Kebohongan Menggemparkan Dunia yang Berhasil Diungkap
Foto palsu cumi-cumi raksasa. (sindonews.com)
Kamis, 03 Mei 2018 10:07 WIB
JAKARTA - Ada sejumlah kebohongan yang sempat menggemparkan dunia. Namun belakangan kepalsuan yang menghebohkan itu berhasil diungkap. Dikutip dari sindonews.com, berikut ini enam kebohongan yang menggemparkan tersebut:

1. Manusia Piltdown

Alvan T Marston, seorang ilmuwan yang mengungkap salah satu kepalsuan terheboh dalam sejarah, yakni manusia Piltdown.

Sebelumnya di tahun 1912, para ilmuwan mengira mereka telah menemukan titik terang hubungan kekerabatan antara manusia dan kera dengan ditemukannya satu set fosil tengkorak dan tulang rahang dari sebuah lubang bawah tanah di Piltdown, Inggris.

Fosil tengkorak dan rahang tersebut menampilkan kepala manusia mirip kera, yang diidentifikasikan sebagai manusia Piltdown.

Pemalsuan itu terungkap pada 1953, dengan deskripsi tulang tengkorak yang berasal dari manusia, tulang rahang orang utan, dan fosil gigi dari kera.

2. Monster Loch Ness

Menurut legenda, monster Loch Ness sudah ada sejak lebih dari 1.400 tahun lalu, ketika Saint Columbia melihat bayangan makhluk air di kawasan Skotlandia.

Berbagai rumor berkembang, banyak orang melapor bahwa mereka telah melihat sosok Loch Ness. Di tahun sama, muncul foto penampakan monster Nessie–begitu Loch Ness kerap disebut, yang diambil seorang dokter, Colonel Robert Wilson.

Foto menunjukkan sosok Nessie keluar dari perairan gelap. Satu tahun kemudian, Christian Spurling, seorang kerabat Wilson mengakui bahwa foto hitam-putih yang diambil Wilson tersebut sebenarnya hanyalah sebuah plastik yang diikatkan ke sebuah kapal mainan, sehingga menyerupai sosok monster Loch Ness.

3. Walrus Tasmania

Tadinya ''hewan'' ini dipakai sebagai bahan lelucon April Fools' Day di tahun 1984, ketika Orlando Sentinel mengarang cerita tentang keberadaan ''Tasmanian mock walrus'', lengkap disertai dengan foto bergambar tikus tanpa kulit.

Dalam penelitian tersebut, binatang sepanjang empat inci (sepuluh sentimeter) tersebut merepresentasikan seekor walrus yang mendengkur seperti kucing, dan penurut seperti hamster.

4. Foto cumi-cumi raksasa

Pada Januari 2014 media pernah digemparkan oleh sebuah foto seekor cumi-cumi raksasa sepanjang 49 meter di pantai Spanyol.

Setelah diusut kebenarannya, ternyata cumi tersebut aslinya hanya berukuran sepanjang 12 meter. Foto yang beredar luas di internet adalah foto yang telah diedit dan diperbesar.

5. Raksasa Cardiff

Di tahun 1869 sebuah penemuan fosil oleh seorang petani dan pembuat rokok membuat heboh dunia. Fosil manusia batu sepanjang tiga meter dengan berat 1.360 kilogram ditemukan terkubur di Cardiff, New York.

Ternyata, fosil manusia raksasa tersebut hanyalah patung biasa buatan manusia.

6. Bigfoot

Dengan maraknya penemuan jejak kaki manusia, kita jadi semakin ragu tentang kebenaran temuan-temuan jejak kaki manusia Bigfoot. Para ilmuwan sepakat bahwa tidak mungkin ada binatang berkaki dua dengan tubuh raksasa berjalan santai di antara turis dan binatang liar lainnya di tempat-tempat umum.

Dulu, pada 1920, sebuah temuan yang memperlihatkan jejak kaki Bigfoot dalam jumlah banyak terdapat di Northwest. Rant Mullens, sang penemu, mengatakan bahwa ia akan membantu pencarian wujud asli Bigfoot tersebut.***

loading...
Editor:hasan b
Sumber:sindonews.com
Kategori:Ragam
wwwwww