Mentawai Jadi Daratan Pertama di Indonesia Dilintasi Gerhana Matahari Total 9 Maret, Selanjutnya Pesisir Selatan dan Muko-muko

Mentawai Jadi Daratan Pertama di Indonesia Dilintasi Gerhana Matahari Total 9 Maret, Selanjutnya Pesisir Selatan dan Muko-muko
Gerhana matahari total di Tanjung Kodok, Jawa Timur, 1983. (tempo.co)
Senin, 22 Februari 2016 07:56 WIB
PADANG - Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, menjadi daratan pertama di Indonesia yang dilewati gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret mendatang. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Mentawai, Desti Seminora mengatakan pihaknya hanya akan menggelar perayaan sederhana untuk menyambut fenomena alam tersebut.

"Karena tidak ada pos anggaran dari APBD Mentawai untuk merayakan acara ini, jadi kami bekerjasama dengan resort Macaroni," kata Desti. Ia mengatakan hanya aka nada pertunjukan kesenian, kuliner, permainan tradisional dan doa bersama lintas agama pada malam sebelum gerhana.

Dusun Seai Baru, Desa Sikakap di Pulau Pagai Selatan tercatat sebagai lokasi pertama di Indonesia yang dapat menyaksikan gerhana matahari total pada 9 Maret pagi karena berada paling barat Indonesia. Kontak pertama gerhana akan terjadi pada pukul 7.20 WIB selama 2 jam 6 menit. Sedangkan durasi gerhana total selama 1 menit 51,6 detik.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang, Rahmat Triyono, mengatakan daratan Mentawai adalah tempat pertama yang dilalui gerhana matahari.  “Sebenarnya dimulai dari samudera, tetapi di sana kan nggak ada penduduknya, jadi dihitung dari Dusun Seai di Pulau Pagai Selatan, lalu Pesisir Selatan, Muko-Muko, Tanjung Pinang,Palembang dan terus ke Indonesia bagia timur,” kata Rahmat.

Namun, Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang tidak akan memantau gerhana di Mentawai karena keterbatasan transportasi laut. BMKG Padang Panjang memilih memantau GMT di Muko-Muko, ibukota kabupaten Muko-Muko, Provinsi Bengkulu. Mereka bekerja sama dengan Stasiun Geofisika BMKG Kepahyang, Bengkulu.

"Kami memilih di Muko-Muko karena gerhana di sana juga lebih pekat,” kata Rahmat.Tim BMKG Padang Panjang menuju Muko-Muko pada 7 Maret dengan membawa peralatan detik-detik GMT melalui screen hasil pengamatan BMKG.***

Editor:sanbas
Sumber:tempo.co
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/