Home  /  Berita  /  Ekonomi

Meski Market Share Masih Dibawah 5 Persen, Potensi Bank Syariah Indonesia Masih Besar

Rabu, 18 Mei 2016 21:00 WIB
meski-market-share-masih-dibawah-5-persen-potensi-bank-syariah-indonesia-masih-besar

JAKARTA - Data terakhir tentang market share perbankan syariah di Indonesia belum mencapai 5 persen. Padahal, total market share perbankan syariah di negara tetangga seperti Malaysia telah mencapai 40 hingga 50 persen.

Data ini diungkap Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dalam acara sidang tahunan Islamic Development Bank di Jakarta Convention Center ( JCC), Senin (16/5/2016).

“Kalau Malaysia 40 sampai 50 persen. Artinya potensinya (di Indonesia lebih) besar, cuma tinggal kemampuan kita untuk mensosialisasikan dan membangunkan awareness masyarakat. Kita coba tembus 5 persen dulu, aturan sudah jelas tertuang dalam roadmap keuangan syariah,” kata Muliaman

Menurutnya, OJK terus mendorong perkembangan bank syariah, namun pangsa pasar tidak bisa mendadak terjadi. Peningkatan market share bank syariah diperkirakan akan terjadi dalam jangka panjang.

“Kita sekarang fokus untuk memperbanyak nasabah, inovasi produk, dan sosialisasi harus diperluas. Oleh karena itu kerja sama dari berbagai pihak terkait menjadi suatu keperluan,” tegasnya dilansir dari mysharing.co.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengakui, memang market share bank syariah di total aset perbankan masih kurang dari 5 persen.

“Ini yang terus kita hadapi, dan masalahnya lebih kepada penguatan bank syariah itu sendiri, peningkatan kemampuan, perbaikan sistem, dan pengembangan SDM,” ungkapnya.

Menurut Bambang, pemerintah mendorong perkembangan bank syariah melalui penerbitan-penerbitan sukuk untuk mendukung bank syariah dalam pengelolaan likuiditas.

“Kita terus mendorong terutama melalui instrumen sukuk, karena bank tentu perlu instrumen yang likuid. Kami juga lakukan hal lain yang bisa dikembangkan. Pada intinya prospek masih besar tapi tantangan bank Islam juga besar, ini tak bisa dipungkiri,” pungkasya. (***)

Editor:Calva
Sumber:mysharing.co
Kategori:Ekonomi, GoNews Group, Rantau
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/