Home > Berita > Rantau
Rantau
gosumbarcom_vp7a5_32463.jpg
MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI, menjamu Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit beserta rombongan, Sabtu (17/11/2018) malam. Nasrul ke Makassar dalam rangka menghadiri penutupan Sumbar Expo 2018 yang bertempat di Lapangan Karebosi.
gosumbarcom_p4vm7_32291.jpg
PADANG - Hotel Balairung yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Sumbar ternyata sempat disegel Pemerintah DKI Jakarta  karena tidak taat membayar pajak. Informasi tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumbar, Supardi seperti dilansir harianhaluan.com.
gosumbarcom_tr78k_32146.jpg
PADANG - Aktris dan penyanyi Sherina Munaf baru-baru ini mengunjungi Sumatera Barat.
PADANG - Dari total 189 penumpang Pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang, yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat pada Senin 29 Oktober 2018 sekitar pukul 06.33 WIB, beberapa di antaranya merupakan penumpang kelahiran asal Sumatera Barat.
gosumbarcom_g55tn_31499.jpg
KAMPAR - Hujan lebar yang menguyur sejak pagi menyebabkan longsor di jalan lintas Provinsi Riau-Sumatera Barat, tepatnya di Kilometer 77 Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (23/10/2018) siang.
gosumbarcom_cgvhz_30974.jpg
MAKASSAR - Sejak ramai pemberitaan warga Sumatera Barat mengirimkan rendang sebanyak 1,6 ton untuk korban bencana alam di sejumlah daerah Sulawesi Tengah (Sulteng), para korban di tenda-tenda pengungsian pun berharap mendapatkan daging lezat itu.
gosumbarcom_npjbf_30873.jpg
PALU - Pemerintah Provinsi Sulewesi Tengah (Sulteng) menyambut baik kedatangan 1,5 ton rendang. Masakan olahan daging itu adalah hasil donasi warga Ranah Minang yang dihimpun Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) untuk korban gempa dan tsunami Sulteng beberapa waktu lalu.
gosumbarcom_d6bxf_30831.jpg
PADANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar) mengungkapkan, ada sebanyak 350 KK yang berasal dari perantau Minang, turut menjadi korban gempa dan tsunami yang memporak-porandakan Palu, Donggala dan Sigi, Provinsi Sulteng.
gosumbarcom_ckthj_30741.jpg
PADANG - Gempa bumi dan tsunami yang menerjang sejumlah daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng) juga membawa duka mendalam bagi masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Sedikitnya, 15 orang perantau Minang yang berdomisili di Palu dikabarkan turut menjadi korban bencana alam.
gosumbarcom_nzbpr_30639.jpg
Keajaiban itu nyata dialami  Lilla Anggaraini (35). Perempuan asal Situjuah Godang, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota ini sudah lama merantau di  Palu, Sulawesi Tengah, kota yang kini  luluhlantak digulung gempa dan tsunami.
gosumbarcom_dr8db_28566.jpg
PEKANBARU - Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Riau AKBP Haldun menjelaskan, pasangan suami istri (pasutri) asal Bukittinggi, Sumatera Barat, berinisial YA (43) dan EV (34) yang ditangkap saat membawa sabu-sabu sekitar 10 kg, terindikasi merupakan jaringan internasional.
gosumbarcom_nbw83_28552.jpg
PEKANBARU - Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Siak bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau menangkap pasangan suami istri (pasutri) yang membawa 10 kilogram sabu-sabu saat menuju Sumatera Barat (Sumbar).
gosumbarcom_s5xgr_28407.jpg
TELUK KUANTAN - Seorang nenek berusia 80 tahun, bernama Rosmaini, tersesat di Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Pihak keluarga yang merasa kehilangan pihak keluarganya ini dapat menemuinya di Mesjid Raya Teluk Kuantan.
gosumbarcom_6hata_28386.jpg
RENGAT - Diduga akibat supir mengantuk, satu unit travel jurusan Bukittinggi - Tembilahan terjun bebas ke Sungai Indragiri, tepatnya di Jalan Lintas Rengat - Tembilahan di Desa Sungai Raya Rengat, Selasa (24/7) sekitar pukul 05.00 WIB.
gosumbarcom_hxetd_27219.jpg
PADANG - Pemudik menuju Sumatera Barat pada Idul Fitri 2018 mendatang diprediksi akan turun 30 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Menurunnya jumlah 'Rang Minang' perantau pulang kampung karena ekonomi lesu.
gosumbarcom_nf593_25121.jpg
LONDON - Mungkin inilah polemik soal menu makanan yang paling menyita perhatian. Sampai-sampai mantan perdana menteri ikut terlibat berkomentar di akun sosial media.
gosumbarcom_ul5qn_25120.jpg
LONDON - Juri Master Chef UK (United Kingdom/Inggris), John Torode dan Gregg Wallace mendapat komentar negatif dari para penggemar masakan rendang. Kedua juri tersebut mengeliminasi peserta yang memasak rendang di kompetisi karena masakan rendangnya tidak krispi.
gosumbarcom_nugeg_25118.jpg
LONDON - Meski tahun 2016, salah satu media terbesar di dunia yakni CNN sempat mengumumkan rendang khas Indonesia sebagai makanan nomor satu terenak di dunia dan tahun 2017, CNN kembali merilis daftar 50 makanan terenak sedunia lewat 35.000 voting di media sosial facebook dan hasilnya rendang khas Sumatera Barat kembali menduduki peringkat pertama. Namun tidak bagi Juri Masterchef UK.
gosumbarcom_ypgwj_25074.jpg
JAKARTA - Nama Upiak yang dikenal luas lewat lagu Tak Tun Tuang, yang menjadi fenomenal. Bahkan, lagu berbahasa Minang tersebut, sudah berdendang di telinga warga negara Malaysia hingga Thailand. Namun, sedikit yang tahu bahwa penyanyi bernama asli Nanda Silvia ini pernah gagal berumah tangga dan ditipu oleh mantan suami.
gosumbarcom_gssgk_24975.jpg
JAKARTA - Si hijau Go-jek semakin populer. Bukan hanya di ibukota Jakarta, namun juga hampir di beberapa provinsi dan kabupatan kota di Indonesia. Gebrakannya lewat aplikasi transportasi online telah mampu membantu mengatasi persoalan transportasi yang murah dan mudah plus kesejahteraan bagi driver ojek yang selama ini kesulitan mencari pelanggan.
gosumbarcom_abge7_24974.jpg
PADANG - Menghasilkan kopi dengan cita rasa khas dan nikmat memang membutuhkan sebuah proses menggiling yang baik. Menggiling bisa saja dilakukan manual namun bisa memanfaatkan mesin, tujuannya hanya satu untuk mendapatkan secangkir kopi yang sempurna. Namun, bagaimana pula dengan menggiling kopi menggunakan memakai alat penggiling yang memakai sensor aroma?
gosumbarcom_qcppn_24716.jpg
JAKARTA - Mesin pencari internet Google menampilkan Usmar Ismail di Google Doodle, Selasa (20/3) kemaren. Google merayakan ulang tahun ke-97 Bapak Film Indonesia ini dalam landing page di mesin pencari mereka. Google Doodle menggambarkan Ismail di belakang kamera dengan rol film dari salah satu filmnya hasil karyanya, yaitu Tiga Dara pada 1956.
gosumbarcom_9ajum_24640.jpg
JAKARTA - Ular sanca sepanjang 4 meter tiba-tiba saja masuk ke Rumah Makan Padang di Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Pemilik rumah makan kaget melihat ada ular sanca di etalase makanannya.
gosumbarcom_7rwmt_24300.jpg
PALEMBANG - Penemuan sesosok wanita tak bernyawa, Selasa (6/3) pagi, menghebohkan warga yang melintas di Jalan Kol H Barlian, Palembang. Mayatnya terbaring di atas meja makan di depan eks rumah makan Pindang Kupik.
gosumbarcom_ncyut_24262.jpg
JAKARTA - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno ternyata mengikuti juga jejak gubernur Sumbar terdahulu seperti Gamawan Fauzi yang jago semua keahlian termasuk bermain musik dan bernyanyi. Seperti yang diperlihatkannya pada Java Jazz Festival 2018 di Jakarta International Expo Kemayoran, Minggu malam (4/5/2018).
gosumbarcom_l7tpn_24257.jpg
PADANG - Komunitas Minang Saiyo Sydney Australia melakukan penggalangan dana untuk pembangunan Surau Minang. Sejak tahun 2017 lalu, komunitas Minang telah mencari properti yang potensial untuk membangun Surau Minang di Sydney. Sejauh ini sudah ada tiga pilihan yang potensial.
gosumbarcom_cs6ng_24062.jpg
Pencak silat sudah terkenal sejak lama di ranah Minang, salah satunya adalah Silek Harimau. Sebagai salah satu varian dari aliran pencak silat, Silek Harimau meniru gerakan harimau seperti melompat dan menendang.
gosumbarcom_fykxa_23801.jpg
PADANG - Sumatera Barat punya satu tradisi unik, yaitu ''Serak Gulo''. Tradisi ini kabarnya hanya ada di tiga negara yaitu India, Singapura dan Indonesia khususnya di Sumatera Barat.
gosumbarcom_svsqq_23542.jpg
PADANG - Pemerintah Jokowi-JK secara resmi memulai program Padat Karya Tunai (PKT) Tahun 2018. Salah satunya adalah Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dan 150 irigasi diantaranya akan dibangun di Sumatera Barat.
gosumbarcom_nxunj_23540.jpg
PADANG - Presiden Joko Widodo ternyata punya kesan khusus terhadap Ranah Minang. Dan itu bukan saja saat dia menjadi presiden, tapi jauh sebelumnya.
gosumbarcom_r42qv_23538.jpg
PADANG - Berbeda dengan pembangunan ruas jalan tol Sumatera yang lainnya, tol Padang - Pekanbaru nantinya akan memiliki ruas jalan bawah tanah berupa terowong. Tak tanggung-tanggung, panjang terowongan bawah tanah ini sekitar 7 kilometer dan merupakan yang terpanjang di Indonesia.
gosumbarcom_qmptn_23537.jpg
PADANG - Presiden Joko Widodo melakukan peresmian dimulainya pembangunan jalan tol Padang - Pekanbaru, Jumat (9/2/2018). Hadir pada kesempatan itu Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan seluruh pejabat kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
gosumbarcom_r4jln_23536.jpg
PADANG - Presiden Joko Widodo meresmikan dimulainya pekerjaan Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Padang - Bukittinggi - Pekanbaru tahap 1, yang akan dimulai dari Padang lewat Sicincin. Peresmian dilakukan melalui seremoni peletakkan batu pertama atau groundbreaking  yang dilaksanakan di lokasi proyek yaitu di Jalan Padang Bypass kilo meter (km) 28.
gosumbarcom_vm6r5_23516.jpg
PADANG - Kejayaan musik Indonesia pada era 90-an ikut dikilaukan oleh eksistensi rocker bersuara tinggi dan melengking, Hengky Supit. Terbukti dari kesuksesannya meraih Vokalis Terbaik pada ajang Festival Musik Rock se-Indonesia VI saat tampil dengan grup musiknya Whizzkid, dan membuat album 'Percayalah' dari grup musik ini semakin diterima oleh penikmat musik di Tanahair. Dan karir solonya lewat single 'Bila Engkau Izinkan', dan album 'Isi Hati' sukses melegendakannya di Blantika Musik Indonesia.
gosumbarcom_uzrfn_23502.jpg
SOLOK - Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada para orang tua untuk mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan hape atau telepon pintar.
gosumbarcom_pxhzf_23501.jpg
PADANG - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat sejak kemarin. Di hari keduanya ini, pemimpin yang akrab disapa Jokowi itu bertandang ke Kabupaten Solok.
gosumbarcom_zghmm_23500.jpg
PADANG - Presiden Joko Widodo seperti mengingatkan kita kepada kata-kata Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno, “jangan sekali-kali melupakan sejarah” atau lebih dikenal sebagai jas merah ketika mengunjungi rumah kelahiran Djamaluddin Adinegoro di Kabupaten Sawahlunto, Sumatera Barat, Kamis (8/2/2018) sore.
gosumbarcom_vjtmz_23431.jpg
PADANG – Wartawan utama Yurnaldi yang juga dikenal sebagai salah seorang penyair Indonesia asal Sumatra Barat, memaknai Hari Pers Nasional 2018 kali ini dengan menerbitkan buku Kritik Presiden dan Jurnalisme Hoax. Buku tersebut baru selesai cetak Selasa (6/2/2018) dan diharapkan bisa menjadi bahan bacaan wartawan Indonesia yang datang di Kota Padang pada acara puncak HPN 2018 yang dihadiri Presiden Joko Widodo. Buku tersebut juga direncanakan diserahkan langsung penulisnya ke Presiden Joko Widodo.
gosumbarcom_vqqtb_23429.jpg
BATUSANGKAR - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Komisariat Tanah Datar (KAMMI Tanah Datar) menggelar protes terhadap rencana Penganugerahan Gelar Sangsako kepada Presiden Jokowi. Keberatan itu disebabkan oleh nihilnya kerja nyata Jokowi dalam memimpin negara terlebih lagi memakmurkan Ranah Minang.
gosumbarcom_2wp4g_23348.jpg
PADANG ARO - Kawasan Seribu Rumah Gadang, Solok Selatan, Sumatera Barat merupakan kawasan wisata dengan keunikan arsitektur. Pasalnya, di kampung ini, banyak sekali rumah gadang yang merupakan rumah khas Minangkabau. Jika direstorasi, kawasan ini akan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik Sumatera Barat.
gosumbarcom_x2wnk_23315.jpg
PADANG - Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault melantik Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno menjadi Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sumatera Barat masa bakti 2017-2022. Pelantikan digelar di Auditorium Gubernur pada Jumat, 2 Februari 2018, Pukul 10.00-11.30 WIB.
gosumbarcom_2lwf5_23288.jpg
PADANG - Provinsi Sumatera Barat sambut pelaksanaan Hari Pers Nasional 2018 yang akan berlangsung di Kota Padang dengan penuh keyakinan.
gosumbarcom_rlydm_23287.jpg
PADANG - Kota Padang di Sumatera Barat menyambut pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 dengan penuh suka cita dan begitu meriah. Puncak HPN 2018 akan dilangsungkan tanggal 9 Februari 2018.
gosumbarcom_3ctsk_23286.jpg
PADANG - Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengucapkan selamat atas terbentuknya Tim Siber Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat. Hal ini disampaikannya setelah meluncurkan Tim Siber Pramuka Kwarda Sumbar pada Senin malam, 1 Februari 2018, Pukul 21.00 WIB di Kantor Kwarda Sumbar, di Jalan Khatib Sulaeman, Belanti Timur, Kota Padang.
gosumbarcom_ymkxd_23284.jpg
PADANG - Salah satu kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 70 Tahun 2018 yang berlangsung dari tanggal 1-9 Februari 2018 ini, ialah Parade Baca Puisi. Acara akan digelar di Ruang Chairil Anwar, Taman Budaya Sumatra Barat, pada hari Rabu (7/2) mulai pukul. 20.00 WIB.
gosumbarcom_upfa2_23283.jpg
JAKARTA - Komisi I DPR RI mengharapkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat mengawal siaran politik yang dilakukan stasiun televisi swasta nasional. Komisi I juga mengingatkan untuk mengawal siaran politik, KPI bisa berkolaborasi dengan KPU maupun Bawaslu.
gosumbarcom_5twk7_23280.jpg
PADANG - Kabar duka berpulangnya Raja Pagaruyung, Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qorror, Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti melahirkan duka yang dalam bagi rakyat Sumatera Barat. Beliau adalah tokoh yang arif bijaksana dan sangat memahami adat budaya alam Minangkabau.
gosumbarcom_yqytn_23279.jpg
PADANG - Inalillahi wainalillahi rojiun, kabar duka menyelimuti Ranah Minang. Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qorror, Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti, berpulang ke Rahmatullah di usia 69 tahun.
gosumbarcom_sytez_23019.jpg
PADANG - Siapa yang tak kenal Lembah Anai? Kawasan wisata yang berada di perbatasan Kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Tanah Datar itu selain memiliki air terjun yang mempesona, juga memiliki perbukitan yang indah dengan lembah-lembah berair jernih. Dan yang tak kalah menariknya, di kawasan ini masih tersisa jalur ketera api serta berada di kawasan lintas yang mudah dijangkau.
wwwwww