Pesawat Bermuatan 148 Orang Meledak di Udara, Seorang Penumpang Tersedot ke Luar, 1 Tewas dan 7 Terluka

Pesawat Bermuatan 148 Orang Meledak di Udara, Seorang Penumpang Tersedot ke Luar, 1 Tewas dan 7 Terluka
Petugas National Transportation Safety Board memeriksa kerusakan mesin pesawat Southwest Airlines. (republika.co.id)
Rabu, 18 April 2018 12:02 WIB
PHILADELPHIA - Mesin pesawat Southwest Airlines 1380 meledak di ketinggian 31 ribu kaki dalam penerbangan dari bandara La Guardia New York ke Dallas, Texas, Amerika Serikat, Selasa (17/4/2018).

Dikutip dari republika.co.id, akibat insiden tersebut seorang wanita tewas dan tujuh lainnya membutuhkan perawatan medis.

Penerbangan Southwest Airlines 1380 melakukan pendaratan darurat di Philadelphia setelah jendela, sayap dan badan pesawat rusak dalam insiden itu.

Dalam rekaman kontrol lalu lintas udara, salah satu pilot dapat didengar mengatakan ada lubang di pesawat dan seseorang tersedot keluar, seperti dilansir di BBC, Rabu (18/4).

Boeing 737-700 telah beroperasi dari bandara La Guardia New York ke Dallas, Texas, dengan 143 penumpang dan lima awak ketika insiden itu terjadi pada Selasa (17/4) pagi.

Para saksi mengatakan sebuah mesin di sisi kiri pesawat meledak, menghancurkan jendela dan menyebabkan turunnya tekanan udara di kabin yang hampir menghisap seorang wanita keluar dari pesawat. Namun dia berhasil ditarik kembali oleh penumpang lain.

Wanita yang meninggal itu bernama Jennifer Riordan, ibu dua anak dan wakil presiden bank di Wells Fargo di Albuquerque, New Mexico, menurut surat kabar Philadelphia Inquirer. Namun belum ada kejelasan apakah Jennifer meninggal setelah hampir tersedot keluar pesawat, seperti dikutip dari Fox News.

Dalam rekaman kontrol lalu lintas udara yang dirilis oleh NBC News, pilot Tammie Jo Shults terdengar mengatakan, ''Ada bagian dari pesawat yang hilang, jadi kami perlu sedikit memperlambat laju pesawat.''

Ketika ditanya apakah pesawat terbakar, dia mengatakan tidak. Tetapi menambahkan, ''Mereka mengatakan ada lubang dan seseorang tersedot keluar.''

Administrasi Penerbangan Federal AS telah membuka penyelidikan mengenai hal ini. Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) mengatakan mereka menyadari satu kefatalan dalam kegagalan mesin yang dicurigai.

Ketua NTSB Robert Sumwalt mengatakan kepada wartawan bahwa jenis mesin, CFM56, sangat banyak digunakan dalam transportasi komersial.

Departemen Kebakaran Philadelphia mengatakan satu penumpang telah dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis sementara tujuh orang lainnya dirawat karena luka ringan di tempat kejadian. Dalam sebuah pernyataan, Southwest Airlines mengatakan itu menyedihkan dan memberikan simpati kepada semua orang yang terkena dampak peristiwa tragis tersebut.

Komisaris Kebakaran Philadelphia Adam Thiel mengatakan pada konferensi pers bahwa penumpang dan awak melakukan beberapa hal yang sangat menakjubkan dalam situasi yang sangat sulit.

''Penanggap pertama menemukan kebocoran bahan bakar dan api kecil di salah satu mesin dan mereka menggunakan busa untuk memadamkan api,'' katanya.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww