Ditanya Alasan Ahok Gugat Cerai Veronica Tan, Ini Jawaban Pengacara

Ditanya Alasan Ahok Gugat Cerai Veronica Tan, Ini Jawaban Pengacara
Veronica Tan dan Ahok. (poskota)
Senin, 08 Januari 2018 10:10 WIB
JAKARTA - Surat gugatan perceraian yang dilayangkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kepada istrinya, Veronica Tan, beredar di media sosial. Pengacara yang mewakili Ahok, Josefina Agatha Syukur, dari kantor pengacara Law Firm Fifi Lety Indra & Partners membenarkan bahwa Ahok melayangkan surat gugatan cerai terhadap istrinya, Veronica Tan.

Surat gugatan itu, kata Josefina telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Jumat (5/1/2018). Ahok menunjuk Law Firm Fifi Lety Indra & Partners sebagai kuasa hukumnya dalam kasus itu.

''Benar bahwa Pak Ahok telah melayangkan gugatan cerai terhadap Ibu Veronica. Itu benar adanya. Nomor perkaranya 10/Pdt.G/2018 tanggal 5 Januari 2018,'' kata Josefina kepada Kompas.com, Senin (8/1/2018) pagi ini.

Namun ketika ditanya alasan Ahok menggugat cerai Veronica, ia tidak mau menjelaskannya. Ia mengatakan, kasus perceraian merupakan masalah pribadi, sidang pengadilannya pun bersifat tertutup.

Walaupun membenarkan adanya surat gugatan cerai, Josefina meragukan kebenaran surat gugatan atas nama Ahok terhadap Veronica yang beredar di media sosial pada Minggu (7/1/2018) malam.

''Sebab, (surat) gugatan yang benar adalah gugatan yang sudah didaftarkan, di mana sudah tertulis nomor perkara dari pengadilan pada sudut kanannya dan ada capnya,'' katanya.

Namun, ia membenarkan pengacara Ahok dalam kasus gugatan perceraian itu hanya dua orang, yaitu dirinya dan adik Ahok sendiri, Fifi Lety Indra.

Dalam apa yang disebut sebagai foto surat gugatan yang beredar semalam, nama Josefina dan Fifi memang tertulis sebagai pengacara yang mewakili Ahok.

PN Jakut Akui

Pihak Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) juga mengakui adanya surat gugatan cerai Ahok terhadap Veronica tersebut.

''Sudah, kok,'' kata panitera muda perdata di PN Jakarta Utara Tarmuzi saat dikonfirmasi detikcom, Senin (8/1/2018).

''Pokoknya (Ahok-red) sudah gugat cerai,'' tegasnya.

Tarmuzi memastikan surat gugatan cerai tersebut sudah masuk ke PN Jakarta Utara pada Jumat (5/1) dan ditandatangani Ahok.

''Kalau belum (ditandatangani Ahok-red) nggak saya terima. Mana ada gugatan nggak ada kuasanya. Salah pengadilan,'' ujarnya.

Sementara itu, dikutip dari merdeka.com, dalam surat gugatan cerai itu diketahui, Ahok menunjuk kuasa hukum sekaligus adiknya yaitu Fifi Leti Indra untuk memproses perceraian. Selain Fifi, Ahok juga menunjuk Josefina Agatha Syukur.

Selain itu, Ahok juga mengajukan hak asuh anak terhadap Veronica. Diketahui, Ahok mempunyai tiga anak yaitu Nathania Purnama, Nicholas Purnama, Daud Albeenner Purnama.

Mengenai alamat yang tertulis di kop surat, Pengadilan Negeri Jakarta Utara memang saat ini berkantor di bekas Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang beralamat di Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat.

Hal ini disebabkan karena renovasi total sejak tahun lalu di kantor Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Jl Laksamana RE Martadinata. Jadwal sidang, pelayanan hukum dan perkantoran untuk sementara dipindahkan.

Saat dikonfirmasi merdeka.com, Minggu (7/1) malam sampai pukul 23.05 WIB, kuasa hukum Ahok tidak merespons pesan singkat yang dikirim. Saat ditelepon, Fifi juga tidak mengangkat.

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara Didik Wuryanto saat dihubungi nomor pribadinya tidak aktif.

Seperti diketahui, Ahok saat ini mendekam di balik jeruri usai tersandung kasus penistaan agama. Ahok divonis dua tahun oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara. ***

Editor:hasan b
Sumber:kompas.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww