Pemerintah Buka Lowongan 110.000 CPNS Tahun 2018

Pemerintah Buka Lowongan 110.000 CPNS Tahun 2018
Menteri PAN RB Asman Abnur meninjau pelaksanaan tes CPNS di Bali beberapa waktu lalu. (merdeka.com)
Rabu, 15 November 2017 13:38 WIB
JAKARTA - Pemerintah kembali akan merekrut calon aparatur sipil negara (CASN) atau calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2018 mendatang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (PAN-RB) Asman Abnur mengatakan, pihak Kementerian PAN RB telah mengajukan rencana itu ke Presiden Joko Widodo.

Menteri PAN-RB menargetkan proses penerimaan bisa dimulai di awal tahun depan. Harapannya sebelum 2018 berakhir, seleksi penerimaan sudah selesai.

''November Desember sudah kita ajukan, awal tahun kita buka rekrutmen,'' imbuhnya, seperti dikutip dari merdeka.com, Rabu (15/11).

Pihaknya saat ini sedang mengkaji seluruh komponen kebutuhan untuk penerimaan CPNS tahun depan. Mulai dari kebutuhan formasi di tiap instansi hingga anggaran yang diperlukan.

''Kemudian saya bersama dengan menteri keuangan sedang menghitung berapa cost biaya yang dibutuhkan untuk penerimaan PNS 2018. Termasuk (kebutuhan) kementerian lembaga dan pemerintah daerah,'' ujarnya.

Banyak PNS Pensiun

Asman Abnur mengatakan lowongan tersebut dibuka untuk mengisi posisi PNS yang akan pensiun. Dia menyebut total PNS yang pensiun sekitar 220.000, baik di daerah maupun pusat.

Kendati begitu, penerimaan tersebut hanya 50 persen dari jumlah yang pensiun. ''Kita tidak menerima sebesar yang pensiun (220.000). Tetapi kita hanya menerima 50 persen dari jumlah yang pensiun atau lebih sedikit. Tetapi tetap mengacu pada pertumbuhan, minus,'' kata Menteri Asman.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww