Pasar Atas Bukittinggi Terbakar, Pedagang: Semua Dagangan Hangus

Pasar Atas Bukittinggi Terbakar, Pedagang: Semua Dagangan Hangus
Pasar Ateh Bukittinggi terbakar Senin pagi. (merdeka.com)
Senin, 30 Oktober 2017 09:54 WIB
BUKITTINGGI - Pasar Ateh (Atas) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, diamuk si jago merah, Senin (30/10/2017) pagi. Api mulai membara sejak sekitar pukul 06.00 WIB.

"Api muncul pukul 06.00 tadi kira-kira," ujar Syahrul salah satu pedagang, Senin pagi.

Belum diketahui penyebab munculnya api, yang dengan cepat melahap lantai dua Pasar Ateh tersebut.

Berdasarkan pengamatan republika.co.id, pedagang berjibaku menyelamatkan barang dagangannya. Namun tak semua pedagangan berhasil menyelamatkan dagangannya.

Salah seorang pedagang pakaian di pusat pertokoan tersebut, Eri (40), mengatakan semua barang dagangannya hangus, tidak ada yang bisa diselamatkan.

''Semua dagangan saya hangus. Sampai di pasar kondisi sudah tidak mungkin lagi untuk masuk ke kedai menyelamatkan barang jadi dipasrahkan saja,'' katanya.

Hingga pukul 07.30 WIB, api belum juga berhasil dipadamkan. Tim pemadam kebakaran masih bekerja keras memadamkan api.

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias sempat mendatangi Pasar Ateh untuk memantau langsung upaya pemadaman api. Menurutnya, tim pemadaman kebakaran dikerahkan dari daerah lain di luar Bukittinggi, termasuk Padang Panjang dan Tanah Datar.

  ''Kami sejak awal mengimbau pedagang hati-hati terhadap arus pendek. Hari ini akan kami rapatkan terkait kebakaran ini. Semua sudah membantu. Dari jam 06.00 lewat tadi,'' kata Ramlan.

  Hingga melewati pukul 07.30 WIB, masyarakat Kota Bukittinggi masih menyemut di kawasan Jam Gadang. Pedagang juga masih berjuang menyelamatkan barang dagangan miliknya.

Salah seorang pedagang pakaian di pusat pertokoan tersebut, Eri (40), mengatakan semua barang dagangannya telah habis dan tidak ada yang bisa diselamatkan.

''Sampai di pasar kondisi sudah tidak mungkin lagi untuk masuk ke kedai menyelamatkan barang jadi dipasrahkan saja,'' katanya.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id dan merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww