Sebelum ke Istana, Anies-Sandi Doa Bersama di Masjid Sunda Kelapa

Sebelum ke Istana, Anies-Sandi Doa Bersama di Masjid Sunda Kelapa
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. (inilah.com)
Senin, 16 Oktober 2017 14:20 WIB
JAKARTA - Pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan singgah dulu di Masjid Agung Sunda Kelapa sebelum menuju Istana Negara untuk dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Ketua Tim Komunikasi Anies-Sandi, Naufal Firman Yursak mengatakan, Anies dan Sandi akan mengikuti doa bersama di Masjid Sunda Kelapa.

''Di Masjid Sunda Kelapa, transit Pak Anies dan Pak Sandi sebelum bergerak ke Istana Negara. Di sunda Kelapa akan ada doa bersama rombongan,'' ucap Firman, Senin (16/10/2017).

Yang bakal hadir dalam doa bersama adalah para ulama, kerabat dan kolega pasangan Anies-Sandi.

''Pak gub dan wagub harus sampai pukul 15.00 WIB (di Masjid Sunda Kelapa). Ada beberapa kolega, ada beberapa ulama yang akan hadir, setelah doa bersama akan bergerak ke Istana Negara,'' timbalnya.

Telah Persiapkan

Sekretaris Pengurus Masjid Sunda Kelapa Haji Mulyadi mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan ruangan utama masjid untuk acara zikir usai ibadah salat zuhur pada pukul 12.00 WIB. Anies-Sandi direncanakan tiba pada pukul 14.00 WIB.

''Sambil menunggu (kedatangan Anies - Sandi) akan ada zikir, ratib al haddad, pemanjatan kalimat-kalimat baik, kalimat thoyyib. Tujuannya, untuk kelancaran pelantikan dan kepemimpinan Pak Anies-Sandi,'' katanya di lokasi.

Ia menegaskan bahwa tidak ada persiapan khusus yang dilakukan pengurus menjelang kedatangan Anies-Sandi.

''Mereka masing-masing juga sudah punya protokol kan. Kami hanya siapkan tempat saja,'' ujar Mulyadi.

Pantauan di lokasi, Masjid Agung Sunda Kelapa sudah dijaga oleh sejumlah aparat kepolisian, Satpol PP, dan Dishub. Namun, penjagaan di kawasan tersebut tidak begitu ketat. Tidak terlihat ada penjagaan khusus di sekitar masjid.

Alasan Pilih Masjid Sunda Kelapa

Wakil Gubernur DKI terpilih Sandiaga Uno mengungkapkan alasan dipilihnya Masjid Sunda Kelapa sebagai titik kumpul sebelum menuju Istana Negara bersama Anies Baswedan.

''Sunda Kelapa tempat sentral itu momen bersejarah bagi DKI masjid juga melambangkan nama pelabuhan pertama dan nama Jakarta awalnya kan kelapa,'' kata Sandi dikediamannya Jl Pulombangkeng, Senopati, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017).

''Jadi itu ada momennya, saya dengan Mas Anies berulang kali menyapa masyarakat beribadah dan berinteraksi dengan masyarakat di Sunda Kelapa,'' tambahnya.

Sebenarnya ada alternatif Masjid lain yang dijadikan sebagai titik kumpul, tetapi untuk memudahkan akses ke Istana, maka dipilihlah Masjid Sunda Kelapa.

''Ada beberapa pilihan ada masjid Al-Azhar dan Masjid AT-Taqwa, tempat pertama kali bertemu ,tapi akhirnya putuskan lokasi paling dekat dan bersejarah juga memudahkan mobilisasi ditetapkan Sunda Kelapa,'' ujarnya.

Anies-Sandi dijadwalkan akan dilantik di Istana Negara oleh Presiden Jokowi. Pelantikan akan dilangsungkan pada pukul 16.00 WIB.***

Editor:hasan b
Sumber:inilah.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww