Menyesal Menyuap Masuk Polisi, Zulkiram Mengaku Sengaja Buat Kesalahan Agar Dipecat

Menyesal Menyuap Masuk Polisi, Zulkiram Mengaku Sengaja Buat Kesalahan Agar Dipecat
Muhammad Zulkiram. (dream.co.id)
Kamis, 10 Agustus 2017 08:26 WIB
JAKARTA - Muhammad Zulkiram dipecat sebagai anggota Polri karena tidak masuk berdinas lebih 30 hari berturut-turut.

Pengakuan Muhammad Zulkiram di media sosial terkait pemecatannya itu sangat mengejutkan. Pria asal Aceh ini mengaku sengaja melakukan kesalahan agar mendapatkan pemecatan dari Polri.

Di akun Instagram miliknya, @joekhana_, dia menyebut rela dipecat karena menyesal telah mengandalkan uang saat masuki korps Bhayangkara. Dalam tulisan yang diunggah pada 27 Maret 2016, dia menceritakan alasannya dipecat.

''Bukan instansi ini yang salah, tapi saya. Saya dan orang-orang lain seperti saya yang curang, mengandalkan dan mengutamakan uang dalam pekerjaan yang mulia ini,'' tulis Zulkiram.

Belakangan Polda Aceh membantah telah meloloskan Zulkiram yang masuk dengan 'menyuap' itu. Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Goenawan membantah kabar itu.

''Tidak benar, dia (Zulkiram) bisa dituntut jika tidak (bisa) membuktikan,'' kata Goenawan, di laman Facebook Divisi Humas Polri.

Menurut Goenawan, selama ini proses penerimaan anggota polisi telah dilakukan secara transparan dan ketat, baik dari pengawas internal maupun eksternal.

''Rekrutmen Polri bersih, transparans, akuntabel, ada pengawas eksternal. Hasil tes diumumkan langsung, divideokan. Boleh komplain jika tidak puas,'' kata Goenawan.

Mengenai pemecatan yang diakui Zulkiram, Goenawan membenarkannya.

''Saya cek memang dipecat, malas dinas,'' ucap mantan Wadir Lantas Polda Aceh itu.

Dia menjelaskan, Zulkiram sudah tidak masuk dinas lebih dari 30 hari secara berturut-turut. Polisi kemudian menggelar sidang etik. Hasilnya diputuskan Zulkiram dipecat dengan tidak hormat. ***

Editor:hasan b
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/