Meski Prestasi Akademiknya Rendah, Anak Anda Mungkin Saja Jenius, Ini 5 Tandanya

Meski Prestasi Akademiknya Rendah, Anak Anda Mungkin Saja Jenius, Ini 5 Tandanya
Ilustrasi bocah membaca. (parenting.co.id)
Kamis, 13 September 2018 09:33 WIB
JAKARTA - Kejeniusan seseorang tidak selalu bisa dikaitkan dengan prestasi akademik yang diperolehnya. Mungkin saja anak yang dianggap bodoh di sekolah, karena nilainya sangat rendah, justru sesungguhnya merupakan anak yang jenius.

Seperti yang terjadi pada Thomas Alfa Edison, sang ilmuwan penemu bola listrik. Thomas di waktu kecilnya dikembalikan pihak sekolah ke orangtuanya karena dianggap sangat bodoh. Namun belakangan, Thomas menjadi ilmuwan terkenal yang penemuannya memberikan manfaat besar bagi masyarakat di seluruh dunia hingga saat ini.

Dilansir dari reader's digest, berikut adalah tanda-tanda bahwa anak Anda memiliki kecerdasan yang luar biasa atau jenius.

1. Memiliki keingintahuan tentang dunia

Anak-anak yang cerdas cenderung tertarik dengan dunia di sekitar mereka. Namun, anak-anak yang jenius memiliki rasa ingin tahu yang tak pernah ada habisnya, untuk mengetahui tentang hal-hal kecil misalnya seperti cara kerja sesuatu.

Dari bertanya mengenai mamalia hingga bagaimana pemanggang roti dapat bekerja, anak-anak yang berbakat dapat menguji kesabaran para orangtua karena pertanyaan mereka yang tak pernah ada habisnya. Oleh karena itu, jangan kesal, hal ini adalah tanda bahwa anak Anda memiliki kecerdasan yang luar biasa.

2. Memiliki minat dan pengetahuan yang terperinci

Anak-anak yang berbakat, seringkali memiliki pengetahuan yang mendalam di satu spesialisasi subjek tertentu atau bidang tertentu. Mereka mungkin dapat memberi tahu Anda nama ilmiah setiap dinosaurus, atau menjelaskan bagaimana cara kerja internal mesin mobil.

Apapun topik yang dipelajari seorang anak cerdas, biasanya mencakup segala hal. Jadi, jangan bosan dan dengarkanlah setiap celotehan anak Anda tentang apa yang mereka ketahui.

3. Memiliki jiwa pemimpin

Karena kematangan mereka dan kemampuan organisasional alaminya, banyak anak jenius akan menjadi pemimpin sebuah industri.

''Anak-anak cerdas biasanya dapat mengambil alih untuk menemukan solusi yang paling efektif. Mereka juga mengatur sendiri kinerja kerjanya, dan mereka selalu mencari cara untuk meningkatkannya,'' tutur Verma.

Kemampuan ini, biasanya dapat membuat mereka menjadi pemimpin rekan-rekannya karena mereka memiliki kepercayaan diri yang lebih untuk mengarahkan.

4. Gemar membaca

Kecenderungan anak-anak jenius gemar membaca sangatlah tinggi. Mereka sering kali belajar membaca cepat dan lebih awal dari anak-anak lainnya pada usia yang sama dan menikmati bacaan mereka.

Jika anak Anda adalah salah seorang yang gemar membaca, maka berbahagialah. Hal itu adalah tanda bahwa anak Anda merupakan anak yang cerdas.

5. Fokus dan memiliki tekad

Anak-anak yang berbakat memiliki ketekunan untuk mengerjakan semua tugas-tugasnya atau kebiasaan sampai mereka dapat menguasai hal tersebut.

''Ketika diberi tugas, mereka cenderung mengerjakannya tanpa gangguan hingga selesai. TV, video game, dan media sosial tidak akan mengalihkan pikiran mereka,'' kata Sunny Verma, pendiri dan CEO Tutorbright.***

Editor:hasan b
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww