Rutinlah Konsumsi Mentimun, Ini 9 Khasiatnya bagi Kesehatan

Rutinlah Konsumsi Mentimun, Ini 9 Khasiatnya bagi Kesehatan
Mentimun. (int)
Selasa, 12 Juni 2018 21:48 WIB
JAKARTA - Mungkin belum banyak yang tahu bahwa mentimun merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Dikutip dari okezone.com, mentimun mengandung nutrisi serta senyawa dan antioksidan, yang membantu dalam mengobati dan mencegah beberapa kondisi penyakit bagi tubuh.

Selain itu, menntimun rendah kalori dan mengandung banyak serat larut yang membuat sayuran ini ideal untuk menurunkan berat badan.

Mentimun mengandung sekitar 45 kalori, 11 gram karbohidrat, 2 gram protein, 2 gram serat, vitamin C, vitamin K, magnesium dan kalium.

Oleh karenanya sangat dianjurkan mengonsumsi mentimun setiap harinya. Berikut 9 alasan mengapa sebaiknya mengonsumsi mentimun setiap hari.

1. Mentimun baik untuk otak

Mentimun mengandung flavonol anti-inflamasi yang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan otak. Fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan konektivitas neuron dan itulah alasan mengapa Anda harus mengonsumsi mentimun setiap hari.

Ini tidak hanya akan membantu dalam menjaga ingatan tetapi juga akan melindungi sel-sel saraf dari kerusakan yang berkaitan dengan usia.

2. Mengurangi stress

Mentimun kaya akan vitamin, terutama vitamin B kompleks yang termasuk vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7. Vitamin B7 juga dikenal sebagai biotin. Vitamin ini sangat efektif dalam merilekskan sistem saraf sehingga memberikan Anda bantuan dari dampak stres dan kecemasan.

3. Membantu menurunkan berat badan

Ini adalah fakta umum bahwa mentimun membantu menurunkan berat badan. Mentimun telah menjadi buah yang diperlukan untuk ditambahkan dalam menu diet atau penurunan berat badan Anda. Tapi perlu ingat bahwa hanya makan mentimun tidak akan membantu menurunkan berat badan.

Juga penting untuk mempertahankan diet seimbang yang mengandung semua makronutrien seperti karbohidrat, lemak, protein, dan makanan sehat lainnya.

4. Mengandung sifat anti-inflamasi alami

Mentimun mengandung sekitar 96% air yang membuat tubuh Anda terhidrasi, serta memelihara sel-sel tubuh, dan meningkatkan sejumlah besar proses internal.

Jus mentimun juga bagus untuk mengurangi rasa sakit dan infeksi. Berkat sifat anti-peradangan yang ada dikandungannya, maka dapat menghambat enzim yang dihasilkan bagi penderita peradangan internal.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mentimun kaya serat larut dan air. Mulailah kebiasaan sehat dengan menambahkan mentimun di salad dengan biji wijen dan cuka sari apel. Ini sangat bagus untuk sistem pencernaan karena Anda tidak akan menderita asam surutnya.

Mentimun juga akan membantu mengurangi tingkat pH di lambung dan akan membantu mengurangi sembelit juga.

6. Baik untuk jantung

Mentimun mengandung kadar potasium yang tinggi, yang sangat bagus dalam mengatur tekanan darah. Kalium bertindak sebagai elektrolit yang membantu mengatur fungsi seluler. Ini juga membantu dalam merawat sistem saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung juga.

Selain itu, mentimun mengandung serat yang dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol di arteri dan mencegah penyumbatan jantung.

7. Menghilangkan lelah dan letih

Mentimun bisa menghilangkan kelelahan akibat sakit kepala yang sering terjadi ketika banyak masalah dan membuat stres di tempat kerja. Jadi, untuk mencegah agar tidak kelelahan dari kegiatan sehari-hari, manjakan diri Anda dengan hidangan mentimun rumahan.

Anda bisa menyajikannya dalam bentuk salad, jus detoks, atau smoothie. Mentimun bisa membantu Anda bangkit kembali dari tekanan hari karena mengandung polifenol lignan serta fitonutrien.

8. Mengandung antioksidan

Antioksidan dalam Mentimun dapat membantu memblokir oksidasi yang menghasilkan radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis. Radikal bebas bisa menyebabkan penyakit seperti kanker, jantung, paru-paru, dan penyakit autoimun.

Buah-buahan dan sayuran yang salah satunya Mentimun terutama dikemas dengan antioksidan yang dapat menurunkan risiko penyakit ini.

9. Membantu kerja usus

Salah satu alasan untuk makan mentimun setiap hari adalah mendukung gerakan usus secara teratur. Mentimun kaya dengan air dan serat larut membantu meningkatkan konsistensi buang air besar, mencegah konstipasi, dan membantu menjaga keteraturan kerja usus. Itu juga bisa membantu meningkatkan frekuensi gerakan usus sambil memberi makan bakteri menguntungkan dari usus.***

Editor:hasan b
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww