Seminggu Pasca Melahirkan Ibu Harus Periksakan Diri ke Dokter, Ini Tujuannya

Seminggu Pasca Melahirkan Ibu Harus Periksakan Diri ke Dokter, Ini Tujuannya
Ilustrasi ibu pasca melahirkan. (int)
Minggu, 29 April 2018 08:15 WIB
JAKARTA - Banyak wanita yang mengabaikan pentingnya memeriksakan diri ke dokter pasca melahirkan. Padahal, pemeriksaan pasca melahirkan itu sangat penting, tidak hanya untuk mengetahui kesehatan fisik, tapi juga kejiwaan.

''Pemeriksaan, tiga hari hingga 1 minggu setelah persalinan adalah pemeriksaan yang sangat penting. Dokter akan memeriksa luka bekas persalinan, termasuk menganalisis keluhan yang dialami ibu dan bisa mendeteksi lebih cepat jika terjadi depresi pasca melahirkan,'; ujar Dane Shipp, seorang spesialis kandungan di Pacific Coast Women's Health, seperti dikutip dari dream.

Apabila terjadi keluhan yang sangat mengganggu seperti nyeri hebat di bagian perut, pendarahan yang berlebihan, payudara bengkak hingga demam, jangan menunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Agar lebih efektif, jadwalkan pemeriksaan ibu sama dengan jadwal kunjungan bayi untuk vaksin pertama kali.

''Hal yang tak kalah penting adalah pemeriksaan pasca persalinan bisa mendeteksi jika ibu mengalami depresi dan konsultasi yang diberikan bisa mengurangi risiko tersebut,'' ungkap dr. Shipp.

Pemeriksaan pasca persalinan yang akan dilakukan dokter antara lain tekanan darah, lalu kelenjar tiroid jika ada pembengkakan yang mungkin tidak normal. Termasuk juga pemeriksaan payudara jika mungkin ada sumbatan dan memicu mastitis.

Pemeriksaan juga dilakukan di area perut untuk memastikan apakah rahim telah kembali ke ukuran normal dan di area sayatan jika menjalani operasi caesar. Jadi, pastikan melakukan kontrol setelah persalinan.***

loading...
Editor:hasan b
Sumber:dream.co.id
Kategori:Ragam
wwwwww