Nissan Perkenalkan Datsun Cross, Harganya Rp163 Juta

Nissan Perkenalkan Datsun Cross, Harganya Rp163 Juta
Jum'at, 19 Januari 2018 06:00 WIB
JAKARTA - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memperkenalkan Datsun Cross yang memiliki model crossover. Presiden Direktur NMI Eiichi Koito menjelaskan, Datsun Cross ditawarkan dengan harga mulai Rp 163 juta dan proses distribusi pertama akan dilaksanakan pada Maret 2018.

"Datsun Cross hadir dalam tujuh warna pilihan, termasuk dua warna metalik baru, amber dan copper," kata Koito saat peluncuran Datsun Cross di Jakarta, Kamis, 18 Januari 2017. Selain dua warna baru, terdapat lima warna lain, yaitu putih, hitam, abu-abu, merah, dan perak.

Koito juga menjelaskan bahwa Datsun terbaru itu memiliki tampilan yang khas, fitur teknis dan keselamatan canggih yang menandakan kelanjutan kiprah Datsun di Tanah Air.

"Ketika Datsun kembali ke pasar Indonesia, kami berjanji akan memberikan tiga model dalam tiga tahun. Datsun Cross yang baru ini merupakan komitmen kami akan janji itu," kata Corporate Vice President Nissan Motor Co Global Head Datsun Jose Roman kepada wartawan.

Mobil ini digerakkan mesin bensin 1.200 cc dengan torsi 104 Nm yang diklaim memberikan keseimbangan antara kinerja dan efisiensi bahan bakar.

Selain varian transmisi manual, Datsun Cross menawarkan transmisi otomatis berteknologi X-Tronic CVT (continuously variable transmission) yang diperkenalkan pertama kalinya oleh Datsun.

Teknologi CVT generasi terkini dari Datsun Cross diklaim mudah dikendarai dengan pergantian gir yang halus, hemat bahan bakar, ringan, dan tahan lama jika dibandingkan dengan gearbox konvensional.

Keunggulan

Produk compact cross-over terbaru, Datsun Cross, hadir dengan mesin berkode HR12DE berkapasitas 1200cc dengan konfigurasi tiga silinder. Mesin tersebut sejatinya sama dengan produk mereka sebelumnya, Datsun GO +, hanya saja ada perbedaan di tenaga yang dihasilkan.

Cross dibekali tenaga 68hp untuk varian dengan transmisi manual, sedangkan untuk varian transmisi CVT mampu menghasilkan tenaga 78hp. Mesin tersebut dapat menghasilkan torsi maksimum sebesar 104Nm.

Mobil ini bergerak melalui penggerak roda depan (FWD). Untuk varian transmisi manual, mesin dipadukan dengan lima percepatan. Sedangkan untuk varian CVT, Datsun mengkalim kinerjanya lebih baik dan lebih ringan dari transmisi otomatis konvensional.

Dalam rilis yang mereka keluarkan, Datsun mengkalim penggunaan pulley yang lebih kecil dan wub planetary gear secara bersamaan dapat menghasilkan efek ganda dalam performa yang responsif dari titik awal dan pada kecepatan rendah.

Teknologi CVT juga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan perpindahan gigi yang ringan dan mulus.

Efisiensi bahan bakar juga didukung oleh teknik circular bore honing yang berfungsi menjaga toleransi pada tingkat yang sangat minimum.

Sementara pompa oli dan air dengan gesekan yang rendah mampu meminimalisir kehilangan tenaga yang terbuang percuma.

Selain itu, efisiensi bahan bakar Datsun Cross juga ditingkatkan oleh Rasio kompresi yang lebih tinggi, piston cekung, dan penginjeksi bahan bakar yang terpecah menjadi atom yang lebih kecil. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:tempo.co
Kategori:Ragam
wwwwww