Makanan Haram Sebabkan Doa Tak Terkabul

Makanan Haram Sebabkan Doa Tak Terkabul
Ilustrasi berdoa. (int)
Jum'at, 27 Oktober 2017 07:05 WIB
KITA sering merasa doa kita tak dikabulkan Allah SWT. Sehingga muncul pertanyaan, apakah yang menyebabkan doa tersebut tak terkabul?

Terkait pertanyaan tersebut, Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah, menjelaskan, ada berbagai faktor yang menyebabkan doa tak kunjung dikabulkan.

Doa tersebut tidak terkabul boleh jadi karena jeleknya amalan, maksiat dan kejelekan yang seseorang perbuat.

Boleh jadi juga sebabnya adalah karena memakan makanan yang haram. Juga bisa jadi karena ia berdoa biasa dalam keadaan hati yang lalai. Boleh jadi pula karena sebab lainnya. (Catatan dari fatwa Syaikh Ibnu Baz)

Dari Abu Said radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: ''Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: (1) Allah akan segera mengabulkan doanya, (2) Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan (3) Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal. Para sahabat lantas mengatakan, Kalau begitu kami akan memperbanyak berdoa. Nabi shallallahu alaihi wa sallam lantas berkata, Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan doa-doa kalian. (HR. Ahmad, 3:18. Syaikh Syuaib Al-Arnauth menyatakan bahwa sanad hadits ini jayyid.)

Perumpamaannya seperti seorang dokter. Ia mendapati pasien yang sakit dan ingin diobati. Si pasien mengeluhkan penyakitnya seperti ini dan seperti ini. Lantas dokter pun memberikan ia resep obat. Boleh jadi yang ia beri adalah yang persis yang diminta oleh si pasien.

Boleh jadi pula dokter beri resep yang lebih baik, lebih dari yang si pasien kira. Boleh jadi pula si dokter memberi resep obat yang lain, tidak seperti yang si pasien minta, namun dokter tersebut tahu mana yang terbaik. Demikianlah permisalan terkabulnya doa.***

loading...
Editor:hasan b
Sumber:inilah.com
Kategori:Ragam
wwwwww