Pria Maluku Punya Simbol Kejantanan, Ini Dia

Pria Maluku Punya Simbol Kejantanan, Ini Dia
Parang-parang Maluku di Meseum Siwalima. (detik.com)
Senin, 28 Desember 2015 09:50 WIB
AMBON - Simbol kejantanan pria Maluku di zaman dulu bukan karena banyak istri atau banyak ladang. Simbol kejantanan itu ada pada senjata parang.

Makin banyak rambut yang diambil dari jenazah musuh di parangnya, maka makin tinggi kejantanannya. Itulah yang bisa wisatawan ketahui ketika liburan ke Ambon dan berkunjung ke Museum Kelautan Siwalima.

"Lihat, itu di gagang pedangnya adalah rambut manusia," kata Thommy Papuling, pemandu di Museum Kelautan Siwalima di Jl Taman Makmur, Kecamatan Nisa Niwe, Kota Ambon kepada detikTravel beberapa waktu lalu.

Ada sekitar 6 parang yang berjejer dan dipajang di kotak kaca besar. Dari bentuk parangnya, tidak ada yang aneh. Namun salah satu parang, dihiasi oleh rambut pada bagian gagangnya. Seperti kata Thommy tadi, itu adalah rambut manusia.

"Kami menyebutnya Parang Salawaku. Parang adalah pisau panjang dan salawaku adalah perisai. Ini adalah senjata khas pria Maluku untuk berperang," tuturnya.

Ketika berperang, pria yang berhasil membunuh musuhnya akan memotong rambutnya dan menempelkan di gagang parang dengan cara diikat. Satu jenazah, satu ikat rambut.

"Makin banyak rambut, maka makin tinggi statusnya," tegas Thommy.

Tak heran, para pria yang memegang parang dengan banyak rambut digagangnya akan dihormati dan disegani oleh masyarakat. Parang dengan gagang rambut di Museum Siwalima ini, adalah parang dengan rambut asli manusia. Yang dulu, pernah digunakan untuk berperang.

"Tapi, sekarang sudah tidak ada lagi tradisi seperti ini. Hanya di zaman dulu saja," kata Thommy menekankan.

Museum Siwalima buka setiap hari untuk wisatawan. Harga tiket masuknya pun murah, cuma Rp3 ribu saja. Ada banyak sejarah dan kebudayaan Maluku yang bisa traveler temui di sini.***

Editor:sanbas
Sumber:detik.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/