Pemuda dan Sejarahnya

Pemuda dan Sejarahnya
Ilustrasi
Jum'at, 28 Oktober 2016 13:10 WIB
Penulis: Nurhalimah

Tombak perubahan bangsa adalah pemuda. Pemuda yang tidak apatis dengan perubahan bangsa. Sebelum Indonesia merdeka para pemudalah yang menginginkan kemerdekaan itu ada di tangan bangsa Indonesia. Dengan semangat yang berkobar para pemuda terdahulu siap melawan para penjajah.

Kemerdekaan yang telah berjalan selama 71 tahun lamanya membuat para pemuda memiliki cara tersendiri memaknai sumpah pemuda. Berkarya salah satu cara pemuda untuk mengeluarkan aspirasinya. Tidak dengan kekerasan sampai merusak fasilitas negara yang telah ada. Pemuda yang cerdas menggunakan cara yang kreatif untuk menyuarakan aspirasinya bukan cara yang brutal.

Sumpah pemuda yang lahir terlebih dahulu daripada kemerdekaan negara Indonesia membuktikan bahwa keberadaan pemuda sangat berpengaruh untuk negaranya. Presiden pertama Indonesia pernah berkata “beri aku 10 pemuda maka akan kuguncang dunia”, sepenggal kalimat dari proklamator bangsa Indonesia. Semangat pemuda terdahulu patutlah dicontoh oleh pemuda di zaman sekarang ini. Tidak pantang menyerah dalam melawan penjajah.

Apakah pemuda sekarang sudah benar dalam memaknai hari sumpah pemuda ini ? apakah semangat pemuda sekarang seperti para pemuda terdahulu ?

Sungguh sangat berbeda pemuda terdahulu dan sekarang. Tidak sedikit pemuda yang merasa gagal dan putus asa ketika keinginannya tidak terwujud. Pemuda yang seperti ini seharusnya lebih banyak belajar dari sejarah yang banyak menceritakan pemuda pada zaman dahulu ketika proklamasi belum di proklamirkan.

Pemuda yang cerdas dalam menyikapi setiap masalah akan lebih dewasa pemikirannya daripada pemuda yang pemikiran sempit. Pemuda yang memaknai arti dari sumpah pemuda pasti akan berpikir ulang untuk melakukan hal-hal yang dapat merugikan banyak pihak. Jika mengingat pemuda terdahulu membuat isi dari sumpah pemuda itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Isi dari sumpah pemuda harus sesuai dengan perilaku pemudanya. Bagaimana dengan tingkah pemuda yang lari dari isi sumpah pemuda ?

Kita sudah bisa menebak jawabannya. Pemuda yang tingkah laku lari dari isi sumpah pemuda adalah pemuda yang memiliki pemikiran yang kolot. Pemuda yang tidak mau belajar dari sejarah bangsanya. Pemuda yang tidak menghargai perjuangan para pahlawannya.

Pemuda yang memiliki pemikiran yang kritis dapat membedakan apa yang seharusnya ia lakukan. Tidak sembarangan dalam bertingkah laku. Kritis dalam berpikir tidak dengan kekerasan. Pemuda yang memiliki kemampuan intelektual yang tinggi dapat membanggakan bangsanya. Dapat menyelesaikan permasalahan dengan pemikiran-pemikiran positif yang di miliki oleh pemuda.

Dalam sejarah 1928 pemuda merancang isi-isi dari sumpah pemuda. Membuktian cintanya kepada bangsa Indonesia. Saya berharap pemikiran pemuda sekarang lebih tajam dalam menghadapi suatu masalah. Tidak dengan pemikiran yang sempit karena para pemuda terdahulu membuat sejarah yang panjang untuk bangsa Indonesia.

Maknai sumpah pemuda ini dengan hal-hal positif yang dapat membawa energi baik ke dalam diri pemuda. Pemuda yang peduli akan bangsa dan sistem yang ada di dalamnya. Tidak apatis apalagi  menjadi pemuda yang tidak mencintai bangsanya. Sumpah pemuda merupakan cerminan bagi para pemuda.

Walaupun pemuda memiliki caranya sendiri dalam memaknai sumpah pemuda. Tetap saling menghargai antar sesama dan tidak saling bertengkar. Mengikuti setiap aturan pemerintahan bangsa juga salah satu cerminan pemuda yang baik. Jadilah pemuda yang berpikir cerdas dan bekerja keras.

Editor:Arif
Kategori:Opini
wwwwww