Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Bus Gumarang Jaya Tabrak 5 Siswa SD, 3 Tewas dan 2 Kritis
Peristiwa
5 jam yang lalu
Bus Gumarang Jaya Tabrak 5 Siswa SD, 3 Tewas dan 2 Kritis
2
22 Fakta Menarik Masjid Jogokariyan yang Saldo Kasnya Selalu Nol Rupiah
Umum
23 jam yang lalu
22 Fakta Menarik Masjid Jogokariyan yang Saldo Kasnya Selalu Nol Rupiah
3
Ilham Saputra Resmi Jabat Ketua KPU RI Gantikan Arief Budiman
Peristiwa
19 jam yang lalu
Ilham Saputra Resmi Jabat Ketua KPU RI Gantikan Arief Budiman
Home  /  Berita  /  Pendidikan

Wakil Ketua MUI: Pondok Pesantren Mesti Lahirkan Lulusan yang Memiliki Kecerdasan Ukhrawi

Wakil Ketua MUI: Pondok Pesantren Mesti Lahirkan Lulusan yang Memiliki Kecerdasan Ukhrawi
Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang juga Wakil Ketua MUI Pusat Dr H Anwar Abbas MM, MAg saat meninjau Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang.
Senin, 05 April 2021 11:42 WIB
PADANGPANJANG - Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang juga Wakil Ketua MUI Pusat Dr H Anwar Abbas MM, MAg melakukan kunjungan kerja ke Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang,  Sabtu, 3 April 2021. Kunjungan tersebut dalam rangka melihat progres pengembangan pondok pesantren yang berada di Komplek Perguruan Kauman Padangpanjang, Sumatera Barat, Jalan RI Dt Sinaro Panjang Nomor 1-6, Kelurahan Tanah Pak Lambiak.

Didampingi istri, Buya Anwar Abbas berpesan kepada seluruh civitas akademika Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang, bahwa dalam membangun peradaban santri, perlu kerja ikhlas, kerja tuntas dan kerja keras disetiap unsur yang terlibat.

''Sebagai umat Islam, kita mesti mengembangkan kecerdasan yang dianugerahkan Allah SWT kepada kita. Kecerdasan kita tidak hanya kecerdasan spritual atau emosional, tapi juga kecerdasan ukhrawi, duit kita dapatkan, surga kita dapatkan juga hendaknya,'' harapnya.

Dalam kesempatan itu, Buya juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Pondok Pesantren Kauman yang sampai saat ini masih berjuang dalam lahirkan kader-kader hebat dan tangguh. ''Pondok Pesantren Muhammadiyah merupakan upaya persyarikatan untuk ikut serta memajukan manusia Indonesia dan ikut serta mencerdaskan Bangsa. Kalau dulu kita ajarkan dan lahirkan kader-kader yang bisa menanggung resiko kehidupan berbangsa dan negara. Kalau sekarang lulusan Ponpes mesti mampu meminimalisir resiko-resiko yang akan terjadi kedepannya,'' ujarnya.

Pada kunjungan tersebut, Buya diajak oleh pimpinan Pondok Pesantren Kauman Padangpanjang melihat kampus dua yang berada di kelurahan Koto Katiak kota Padangpanjang. Mudir Ponpes Kauman, Derliana, MA menyampaikan bahwa progres pengembangan ponpes saat ini difokuskan untuk pembebasan gedung yang saat ini masih sewa.

''Pengembangan pondok pesantren kali ini dipusatkan untuk pembelian gedung yang saat ini masih kita sewa. Kedua adalah pembangunan asrama putra yang baru dua bulan dilakukan peletakan batu pertama oleh Walikota Padangpanjang,'' ungkap kandidat doktor UIN Imam Bonjol Padang ini.

Selanjutnya, Derliana, MA juga berharap melalui Buya Anwar Abbas, rencana pengembangan Ponpes segera dapat direalisasikan. ''Kami atas nama pondok pesantren berharap melalui Buya Anwar Abbas, rencana pengembangan kampus dua kita dapat segera kita realisasikan. Agar di tahun ajaran baru setelah lebaran nanti, santri kita tidak lagi merasa khawatir dan cemas menempati gedung yang saat ini disewa. Kekhawatiran itu pasti ada jika progres pengembangan ponpes berjalan di tempat. Karenanya kami benar-benar berharap melalui Buya Anwar Abbas untuk dapat mencarikan bantuan dana untuk pembelian gedung tersebut,'' tutupnya.

Turut mendampingi dalam kunjungan tersebut ketua panitia pengembangan Pondok Pesantren Kauman, H Ali Usman Syuib SE. Pengusaha asal Pesisir Selatan ini menyampaikan bahwa pengembangan pondok pesantren perlu dilakukan mengingat dan menimbang semakin banyaknya santri yang menimba ilmu di ponpes ini.

"Saat ini yang perlu kita lakukan adalah pengembangan Ponpes. Pengembangan itu kita fokuskan dengan sarana prasarananya. Dalam dunia pendidikan sarana dan prasarana sangat menentukan minat dan bakat calon santri yang akan masuk ke sini. Percaya atau tidak, jika tampilan fisiknya tidak memadai tentu kita tidak bisa meyakinkan calon santri untuk menuntut ilmu disini,'' ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa ponpes membuka donasi untuk membantu pembelian gedung sekolah kepada donatur-donatur yang ingin berinvestasi akhirat. ''Kita disini juga membuka donasi untuk pembelian gedung tersebut. Donasi bisa disalurkan secara langsung ke alamat sekretariat pengembangan Pondok Pesantren di jalan RI Dt Sinaro Panjang, atau melalui rekening BRI Atas nama MA Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah Norek 0231-01-01124050-9 " tutupnya. ***

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Padang Pariaman, Sumatera Barat, Pendidikan
wwwwww