Home  /  Berita  /  Umum

Program Anis Bukti Keberlanjutan Perjuangan PKS untuk UMKM, Presidennya Beri Apresiasi

Program Anis Bukti Keberlanjutan Perjuangan PKS untuk UMKM, Presidennya Beri Apresiasi
Presiden PKS Ahmad Syaikhu memberikan apresiasi kepada Anis Byarwati dalam acara 'Serap Aspirasi dan Penyerahan Bantuan UMKM' yang Ia ikuti secara virtual, Jumat (25/12/2020). (gambar: istimewa)
Sabtu, 26 Desember 2020 14:07 WIB

JAKARTA - Anggota Komisi XI fraksi PKS DPR RI daerah pemilihan (dapil) Jakarta Timur, Anis Byarwati, berhasil mengadvokasi bantuan permodalan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di dapilnya.

Sebanyak 9 kelompok usaha dengan jumlah penerima sekitar 70 orang, telah menerima secara simbolik bantuan penambahan barang senilai Rp 780 juta dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) pada Jumat (25/12/2020).

Terkait hal tersebut, presiden PKS Ahmad Syaikhu memberikan apresiasi kepada Anis Byarwati. Dalam acara 'Serap Aspirasi dan Penyerahan Bantuan UMKM' yang dihadiri para pelaku UMKM dari 10 kecamatan se-Jakarta Timur itu, Syaikhu menuturkan bahwa program pemberdayaan Anis itu sejalan dengan perjuangan partai.

Syaikhu mengungkapkan, PKS selalu berupaya menguatkan keberpihakan dan pembinaan kepada UMKM. Salah satu upaya nyata dilakukan f-PKS DPR RI, yakni menginisiasi dan memperjuangkan RUU Kewirausahaan. Demikian juga dalam pembahasan RUU Cipta kerja yang sekarang telah menjadi Undang-Undang, khusus dalam pembahasan UMKM, f-PKS secara detail mencantumkan pasal-pasal usulan pengembangan UMKM.

"Kami selalu berupaya untuk terus berpihak dan memberdayakan serta melindungi UMKM. Fraksi PKS sudah melakukan banyak hal soal ini," papar Syaikhu.

Presiden PKS juga menyampaikan sejumlah data yang menunjukkan bahwa UMKM termasuk sektor yang terdampak pandemi. Sebagaimana data Dirjen Pajak, terjadi penurunan pendapatan UMKM selama pandemi sebesar 84.2 persen yang disebabkan oleh sulitnya bahan baku, hambatan proses distribusi, dan sebagainya. Namun demikian, di dalam anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digulirkan Pemerintah, terdapat anggaran untuk pemulihan UMKM.

"Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi salah satu upaya nyata untuk meningkatkan usaha dan daya tahan UMKM yang terbukti tangguh," tandas Syaikhu yang jabatannya sebagai presiden PKS periode 2020-2025 diumumkan saat acara Musyawarah Nasional (Munas) ke-V di Bandung, Jawa Barat, Minggu (29/11/2020) lalu.

Di internal PKS, presiden adalah pucuk pimpinan di level Dewan Pengurus Pusat (DPP). Anis sendiri, menjabat ketua bidang Ekonomi dan Keuangan DPP PKS periode 2020-2025.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:GoNews Group, Nasional, Politik, Ekonomi, Umum
wwwwww