Home  /  Berita  /  GoNews Group

Mulai Gerah dengan Menjamurnya Supermarket di Daerah, DPD RI Minta Kadin Bangkitkan UKM

Mulai Gerah dengan Menjamurnya Supermarket di Daerah, DPD RI Minta Kadin Bangkitkan UKM
Ilustrasi. (net)
Senin, 10 Juli 2017 17:20 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) melalui Ketua DPD Oesman Sapta, secara terang-terangan menolak berkembangnya peritel modern atau supermarket di daerah kabupaten dan kotamadya.

Ungkapan penolakan dan merasa "gerah" dengan maraknya perusahaan ritel moderen ini disampaikan Oesman Sapta saat menerima pengurus pusat Kadin, Senin (10/7/2017) di Kompleks Parlemen Senayan.

"Saya minta, kalian ini perjuangkanlah Usaha Kecil Menengah (UKM), jangan sampai orang daerah malah jadi penonton," ujar Oesman Sapta.

Sebagai orang asli daerah dan selalu memperjuangkan kepentingan daerah, Oesman Sapta justeru melihat belum saatnya sekarang peritel modern atau pasar modern dan supermarket berkembang sampai ke tingkat kabupaten dan kotamadya.

"Belum saatnya lah, jadi sebaiknya izin yang ada sekarang bisa ditinjau kembali dan bagi yang baru mengajukan izinn supaya bisa ditolak. Ini tugas kalian untuk koordinasi dengan Kepala Daerah," ujar Oso yang juga Ketua Partai Hanura itu.

Dirinya juga mengingatkan agar Kadin juga berkontribusi untuk kembali menggeliatkan pasar lokal dan pasar tradisional.

"Pasar inilah yang seharusnya diberdayakan dan dimaksimalkan perannya di tiap daerah. Jika diperlukan Pemerintah daerah dan Pemerintah pusat juga harus ikut serta," paparnya.

DPD RI juga berharap, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia berorientasi kepada Usaha Kecil Menengah (UKM), serta mengangkat harkat dan martabat usaha kecil untuk menjadi besar sesuai UU No.1 Tahun 1987.

KADIN diminta untuk menambah UKM yang baru sekitar 1 persen dari minimal target sebanyak 30 persen. "Kalau kalian semua berpihak kepada UKM saya dukung sepenuhnya, KADIN diperlukan di seluruh indonesia, jangan hanya di jakarta saja, tapi juga harus ada di daerah, sudah saatnya kebangkitan ekonomi rakyat dan daerah," tegas Oesman Sapta. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/