Home  /  Berita  /  GoNews Group

Horee, Harga TBS Naik, Petani Sawit di Sumbar Merasa Senang

Horee, Harga TBS Naik, Petani Sawit di Sumbar Merasa Senang
TBS kelapa sawit.
Rabu, 04 Mei 2016 18:18 WIB

PADANG - Harga Tandan Buah Segar( TBS) untuk kelapa sawit di sentra produksi Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Agam naik. Yakni harganya ditetapkan pada angka Rp.1,996.16 untuk kategori umur Tanaman 10 Th – 20 th.

Kesepakatan yang diambil Jumat (29/4/2016) di Padang ini, mendapat tanggapan positif dari petani sawit di dua daerah ini. Harga ini mulai berlaku untuk Priode 1 sampai dengan 15 Mei Tahun 2016. Acara penetapan dihadiri Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Agam, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman Barat, Kabag Bina Produksi Biro Perekonomian Sumbar, Perwakilan Perusahan Kelapa Sawit Agam, Perwakilan Perusahan Sawit Pasaman Barat, Gabki Sumbar, Apkasindo Sumbar, Apkasindo Pasbar, Apkasindo Agam, Koperasi Unit Desa, Petani Pekebun.

Kepala Dinas Kabupaten Pasaman Barat Ir.H. Alfitri Noven M.Si, mengatakan sesuai Hasil yang ditetapkan, dihimbau kepada pelaku bisnis kelapa sawit, untuk mematuhi Aturan Yang telah di sepakati. Dan kepada petani kelapa sawit juga ikut mengikuti petunjuk sesuai dengan yang telah sepakati bersama.

"Kami yakin kedua belah pihak, petani dan pedagang bisa menjalankan kesepakatan ini," ujar Alfitri Noven dilansir dari pasamanbaratkab.go.id.

Sementar itu petani sawit Ilman, merasa senang degan telah di tetapkannya Harga TBS.

"Selaku petani kami siap melakukan hasil kesepakatan bersama. Dan kami berharap harga Kelapa sawit kedepannya bisa stabil dan naik," ulas Ilman Warga Padang Tujuh ini menambahkan. (***)

Editor:Calva
Sumber:Pasamanbaratkab.go.id
Kategori:Sumatera Barat, Pasaman Barat, Agam, GoNews Group, Ekonomi
wwwwww