Home  /  Berita  /  GoNews Group

Wacana GBHN, Zulkifli Hasan: Kita Sudah Siapkan Tahapan-tahapannya

Wacana GBHN, Zulkifli Hasan: Kita Sudah Siapkan Tahapan-tahapannya
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. (foto: Daniel)
Rabu, 24 Februari 2016 17:31 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Ketua MPR Zulkifli Hasan, mengaku sudah menyiapkan semua tahapan-tahapan wacana GBHN. Hal itu ia sampaiakan saat memimpin rapat gabungan Pimpinan MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Lembaga Pengkajian di Ruang GBHN, Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (24/02/2016).

Dalam Ragab itu, Ketua MPR didampingi Wakil Ketua Mahyudin dan Oesman Sapta. Serta dihadiri antara lain Ahmad Basarah (PDIP), Ana Muawanah (PKB), Hardisoesilo (Partai Golkar), Guntur Sasono (Demokrat), Zainut Tauhid (PPP), Fadholi (Nasdem), John Pieris (DPD), Jafar Hafsah (Lembaga Pengkajian).

Salah satu topik bahasan dalam Ragab itu adalah membahas aspirasi masyarakat terkait dengan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN). MPR merespon dengan melakukan reformulasi sistem perencanaan pembangunan nasional dengan model GBHN sebagai haluan penyelenggaraan negara.

Dari hasil Ragab tersebut, Pimpinan MPR merespon aspirasi masyarakat terkait perlunya haluan negara. MPR merespon dengan menyusun tahapan-tahapan untuk eksistensi dan kewenangan MPR untuk mewujudkan atau merealisasikan haluan negara

"Kita sudah memutuskan untuk merespon masukan-masukan publik khususnya mengenai haluan negara. MPR akan melakukan tahapan-tahapan untuk merealisasikan haluan negara melalui amandemen terbatas," kata Zulkifli Hasan usai Ragab.

Tahapan-tahapan itu, jelas Zulkifli, di antaranya mengajak diskusi kalangan perguruan tinggi, mengadakan pertemuan dengan Ormas-Ormas besar maupun kecil, melaksanakan seminar, simposium dan publik hearing terkait perlunya haluan negara.

"Kalau nanti misalnya perlu langkah amandemen terbatas maka nanti akan dilakukan langkah-langkah politis selanjutnya," ujarnya.

Dalam Ragab itu, Pimpinan MPR menugaskan Badan Pengkajian dan Lembaga Pengkajian untuk mengkaji lebih mendalam tentang aspirasi masyarakat terkait wacana perlunya haluan negara. "Sebab, hampir semua sepakat mengenai perlunya haluan negara," pungkasnya. (**/dnl)

wwwwww