Home  /  Berita  /  Umum

Bupati Terpilih Desak Berlakukan Darurat Bencana Untuk Limapuluh Kota

Bupati Terpilih Desak Berlakukan Darurat Bencana Untuk Limapuluh Kota
Irfendi Arbi, Bupati Kabupaten Limapuluh Kota terpilih meninjau lokasi banjir di Kecamatan Harau
Senin, 08 Februari 2016 21:20 WIB
Penulis: Rino Chandra

LIMAPULUH KOTA-Pihak BPBD Propinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Limapuluh Kota bersama TNI/Polri juga masyarakat terlihat masih melakukan evakuasi di lokasi banjir yang melanda kabupaten Limapuluh Kota.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat mulai mendirikin posko penanggulan bencana serta perahu karet guna evakuasi warga yang terisolasi akibat banjir.

Dalam kondisi masyarakat yang dilanda banjir dan tanah longsor tersebut, Bupati terpilih Kabupaten Limapuluh Kota mendesak dan menegaskan agar diberlalukannya darurat bencana untuk Kabupaten Limapuluh Kota.

Penegasan itu, disampaikan Irfendi Arbi, saat berkunjung ke sejumlah lokasi bencana, di Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (8/2) siang. "Jangan tunggu bencana susulan. Segera tetapkan darurat bencana," tegas Irfendi.

Diantara Kecamatan yang disapu bencana alam tersebut, meliputi Pangkalan Koto Baru, Kapur IX, Bukit Barisan, Suliki, Guguak, Gunuang Omeh dan Payakumbuh. 

"Untuk urusan bencana alam, mestinya penanganannya bisa cepat. Karena ini menyangkut keselamatan dan nyawa warga," terang Irfendi Arbi.

Dia meminta, Pj Bupati segera mengeluarkan surat keputusan terkait darurat bencana.

Dengan demikian menurut Irfendi, semua SKPD bisa bergerak. Tidak menunggu perintah dulu, baru bekerja.

 "BPBD, Dinas PU, Kesehatan, aparatur Kecamatan dan SKPD terkait, wajib berkoordinasi dengan TNI dan Polri,"  tambah mantan Wabup 2005-2010 itu dengan tegas.***

 

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/