Loading...
Home >  Berita >  Padang

Peresmian Rumah Potong Hewan Bersertifikat Halal di Kota Padang

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah SP menerima Sertifikat halal dari Kepala Dinas Perternakan Sumbar Drh.Rinaldi.MM di Rumah Potong Hewan Aia Pacah. Para petugas potong Hewan lengkap dengan pakaian khusus, bahwa ruangan tempat pemotong harus steril, ini menandakan setiap hewan yang akan di potong atau di semblih harus benar-benar bersih sehingga daging yang akan di kirim ke pasar sangat segar dan bersih, kemudian masyarakat mendapatkan daging yang bermutu dan berkualitas sebut Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Dian Fakri di Rumah Potong Hewan Aia Pacah, Selasa (29/12/2015). Penandatanganan prasasti, Walikota Padang H Mahyeldi SP di dampingi Kadis Pertanian dan Kehutanan Dian Fakri menandakan telah resminya pemakaian Rumah Potong Hewan di Aia Pacah, Selasa (29/12/2015). Walikota Padang H Mahyeldi, Kepala Dinas pertanian dan kehutanan Dian Fakri, Mantan Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Ir. Asnel dan sejumlah petugas rumah Potong Hewan Aia Pacah melaksanakan pemotongan perdana menandakan telah resminya pemakaian Rumah Pemotongan Hewan, Selasa (29/12/2015).
Selasa, 29 Desember 2015 21:13 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG - Rumah Potong Hewan (RPH) Lubuk Buaya, berada ditengah pemukiman masyarakat, tak bisa lagi dikembangkan. Pemko Padang wujudkan keinginan masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang sapi pedaging dengan meresmikan Rumah Potong Hewan-Ruminansa (RPH-R) di Aie Pacah, Koto Tangah Kota Padang, Selasa (29/12/2015). Peresmian dilakukan langsung Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP pada kesempatan peresmian RPH-R tersebut juga membubuhkan tanda tangan pada prasasti, dan Kadis Peternakan Sumbar drh. Rinaldi, MM langsung pula menyerahkan sertifikat halal kepada Walikota Mayeldi yang disaksikan puluhan undangan.

Dalam sambutannya, Walikota H. Mahyeldi menyampaikan, agar masyarakat yang akan menyemblih sapi ternaknya memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan dan bersertifikat halal. Sertifikat halal itu dikeluarkan karena sebelum menyemblih ternak harus membaca bismillahirrohmanirrahim. Setelah itu harus menggunakan pisau yang tajam, dan tidak boleh menyiksa sebelum penyemblihan dilakukan. Walikota juga mengatakan, khusus untuk sapi di kota Padang setiap harinya sekitar 65 ekor sapi disemblih.

“Kita mulai dari RPH-R bersetifikat halal, setelah itu berlanjut ke semua restaurant harus pula memajang sertifikat halalnya. Ini penting sekali dalam kancah pergaulan, sebab pernah terjadi tamu dari Malaysia mau menikmati hidangan di sebuah restaurant, tapi akhirnya batal, lantaran tidak melihat sertifikat halalnya. Jadi untuk sebuah restauran tidak bisa hanya dengan kepercayaan saja. Harus dipajang sertifikat halalnya,” sebut Walikota H. Mahyeldi tegas.

Berikut Foto-Foto Peresmian RPH-R Aia Pacah:

gosumbarcom_fr8yj_43.jpg 

Penandatanganan prasasti, Walikota Padang H Mahyeldi SP di dampingi Kadis Pertanian dan Kehutanan Dian Fakri menandakan telah resminya pemakaian Rumah Potong Hewan di Aia Pacah, Selasa (29/12/2015).

  gosumbarcom_qwsk8_44.jpg

Walikota Padang H Mahyeldi, Kepala Dinas pertanian dan kehutanan Dian Fakri, Mantan Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Ir. Asnel dan sejumlah petugas rumah Potong Hewan Aia Pacah melaksanakan pemotongan perdana menandakan telah resminya pemakaian Rumah Pemotongan Hewan, Selasa (29/12/2015).

gosumbarcom_8wzq6_45.jpg

 Para petugas potong Hewan lengkap dengan pakaian khusus, bahwa ruangan tempat pemotong harus steril, ini menandakan setiap hewan yang akan di potong atau di semblih harus benar-benar bersih sehingga daging yang akan di kirim ke pasar sangat segar dan bersih, kemudian masyarakat mendapatkan daging yang bermutu dan berkualitas sebut Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Dian Fakri di Rumah Potong Hewan Aia Pacah, Selasa (29/12/2015).

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah SP menerima Sertifikat halal dari Kepala Dinas Perternakan Sumbar Drh.Rinaldi.MM di Rumah Potong Hewan Aia Pacah.  (bawah)



 gosumbarcom_utz3d_42.jpg

Kategori : Padang, Pemerintahan, Ekonomi

Loading...
www www