Home  /  Berita  /  Umum

Waduh..Anjing-anjing Liar Ini Resahkan Petani Itik di Ampang Gadang Agam

Waduh..Anjing-anjing Liar Ini Resahkan Petani Itik di Ampang Gadang Agam
Ternak itik warga di Ampang Gadang, Agam ini di mangsa oleh anjing liar.
Selasa, 29 Desember 2015 21:37 WIB
Penulis: jontra
AGAM - Kelompok peternak itik Tani Subur di Kanagarian Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek,Kabupaten Agam, diresahkan akibat ulah sekelompok anjing liar yang sering memangsa ternak mereka

Kedatangan anjing-anjing liar yang tak diketahui pemiliknya ini, tak segan memangsa itik yang tengah berada di dalam kandang.

Salah seorang peternak itik, bernama Ridwan mengaku itiknya sering hilang akibat dimangsa kawanan anjing liar ini, tidak kurang dari 76 ekor itik telah dimangsa, sehingga menyebabkan kerugian yang cukup besar, baik dari segi bibit maupun pakan ternak yang telah diberikan.

Saat anjing-anjing itu memangsa ternaknya, Ridwan mengaku sedang tak berada di kandang itiknya. Saat kejadian itu, salah seorang keluarganya mengabarkan jika ada anjing yang masuk ke dalam kandang. Mendapat laporan itu, Ridwan bergegas menuju lokasi. Sampai di sana, dia dikagetkan karena melihat dengan mata kepala sendiri kawanananjing liar itu tengah memangsa itik-itiknya.

Menurut Ridwan, peristiwa ini bukanlah yang pertama kali dialaminya. Ridwan mengaku kejadian ini juga sering dialami oleh peternak itik di kawasan itu.

 “Tak hanya saya, peternak lain juga sering itiknya dibunuh oleh anjing ini. Ini betul-betul kelewatan apalagi mereka hanya membunuh dan tidak memakannya,” terangnya.

Peternak lainnya, Afrizal juga membenarkan kejadian itu. Ia juga mengatakan cukup banyak kehilangan ternak meski tak sebesar jumlah yang diderita Ridwan.

 “Itik kami sudah lebih dari 30 ekor yang dimangsa anjing ini. Anjing-anjing ini cukup lihai karena bisa masuk ke dalam kandang. Jumlahnya tak banyak, hanya delapan ekor tapi dampaknya amat mengejutkan,’’ ungkapnya.

Atas kejadian yang merugikan peternak jutaan rupiah ini, para peternak sudah melaporkan kejadian tersebut kepada dinas terkait dan berharap kejadian buruk ini tak terulang lagi.

“Kebetulan kami sudah diberi racun yang ampuh untuk anjing liar ini. Semoga dapat bekerja, sehingga teror anjing ini dapat dihentikan,” ujar Afrizal.

Sementara itu, Wali Nagari Ampang Gadang Dafriyon mengimbau agar peternak lebih waspada untuk mengawasi anjing-anjing liar ini sehingga kejadian ini dapat diantisipasi agar tidak terulang kembali.

“Kami berharap para peternak lebih waspada dan pada para pemilik anjing, kami imbau agar segera mengikat hewan peliharaannya sehingga tak disangka sebagai anjing liar,”ujarnya

Dafriyon juga berharap, pihak terkait seperti dinas peternakan, untuk memantau pergerakan anjing liar di daerah ini. (**)

Kategori:Agam, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/