Home  /  Berita  /  Umum
Lagi, Raih Penghargaan Nasional

Kelompok Perikanan Mungo Juara I Nasional

Kelompok Perikanan Mungo Juara I Nasional
Presiden RI Joko Widodo bersalaman dengan Plh.Bupati Yendri Tomas seusai menerima penghargaan
Senin, 14 Desember 2015 17:01 WIB
Penulis: M.Siebert

PAYAKUMBUH-Kabupaten Lima Puluh Kota kembali merebut penghargaan nasional tahun 2015. Usai mendapatkan predikat terbaik 1 Anugerah Media Humas (AMH) 2015 dan penghargaan Kabupaten Sehat kategori Swasti Saba Padapa 2015, daerah ini juga sukses merebut juara 1 nasional lomba Kelompok Pembudidaya Perikanan (Pokdakan) kategori unit pembenihan rakyat 2015.

Penghargaan bergengsi dalam rangka hari Adibakti Mina Bahari (AMB) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu diraih Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) Ingin Maju Jorong Kayu Bajajar Padang Laweh Kenagarian Mungo Kecamatan Luak.  Usai penyerahan piala dan piagam serta tabanas, Plh Bupati Yendri Tomas melakukan audiensi dan ramahtamah dengan Presiden RI Joko Widodo di istana presiden, Jumat (11/12) lalu.

Plh Bupati Lima Puluh Kota H Yendri Tomas SE, MM kepada gosumbar.com  di ruang kerjanya, Senin (14/12) mengaku gembira bisa merebut prestasi tersebut. Ia berharap pretasi itu bisa lebih memotivasi peternak ikan untuk lebih meningkatkan perikanan di daerah ini.

“Kita berharap predikat juara 1 ini dapat lebih meningkatkan perikanan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Apalagi daerah ini mempunyai potensi besar untuk pengembangan perikanan,” ungkap Yendri.

Apalagi ikan merupakan sumber protein yang menyehatkan dan diharapkan bisa membuat generasi lebih pintar. Sebab, ikan dipercayai mengandung omega 3 dan DHA yang bermanfaat untuk pertumbuhan otak.

“Nutrisi yang ada pada ikan sangat baik untuk anak-anak, terutama usia balita. Karenanya, kita ingin daerah ini terus mengembankan potensi perikanannya,” tutur Yendri.

Sebelumnya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Kabid Pengembangan Usaha Perikanan Nelti Hafni kepada gosumbar.com  Pokdakan Ingin Maju menjadi yang terbaik dalam berbagai aspek mulai dari aspek teknis, sosial dan ekonomis.

“Selain mendapat piala dan piagam, Pokdakan Ingin Maju juga memperoleh tabanas sebesar Rp40 juta,” ujarnya.

Dikatakan, predikat yang direbut Pokdakan Ingin Maju ini merupakan yang pertama kalinya bagi wilayah Sumatera Barat. Selama ini juara pertama kategori unit pembenihan rakyat dalam rangka hari Adibakti Mina Bahari (AMB) ini selalau diambil Pokdakan di Pulau Jawa.

Selain tahun ini, Kabupaten Lima Puluh Kota juga pernah mengondol juara pertama dalam lomba Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Sosa Nagari Koto Bangun Kecamatan Kapur IX. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/