Bangun Kemitraan, Ini yang Dilakukan Tim PKM PTK FPP - UNP di Tanjung Pauh Payakumbuh

Bangun Kemitraan, Ini yang Dilakukan Tim PKM PTK FPP - UNP di Tanjung Pauh Payakumbuh
Kegiatan tim pkm dari jurusan Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (UNP) di Tanjung Pauh, Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.
Selasa, 10 Desember 2019 07:40 WIB
PAYAKUMBUH - Usaha jasa pelaminan dan rias pengantin sebagai salah satu jenis usaha di bidang jasa, terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahunnya. Pebisnis di bidang jasa ini dituntut untuk memiliki terobosan baru, baik itu dalam properti yang digunakan serta segala pernak - perniknya, agar dapat terus bertahan dan mampu berkompetisi dengan para kompetitor lainnya untuk memberikan layanan prima bagi para pelanggannya.

Karena, selain properti untuk pengantin, modal utama yang paling penting dari bisnis jasa pengantin ini adalah kemampuan merias. Bisnis tata rias pengantin ini termasuk bisnis jasa yang tidak akan pernah mati. Sebab, semua orang ataupun kelompok dipastikan akan membutuhkan jasa dari seorang perias pengantin. Tidak heran, jika hal ini terus terkelola dengan baik, bisnis ini memiliki prospek yang sangat cerah dan menggiurkan.

Jika kita menelusuri ke salah satu daerah di Sumatera Barat, tepatnya di kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, ada banyak warga setempat yang menjadi pelaku bisnis ini. Bahkan, sebagian dari pelaku bisnis ini ada telah mengggeluti usaha ini selama puluhan tahun lamanya.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, ada juga sebagian dari mereka yang mengalami pasang surut dan berbagai kendala dalam pengembangan usahanya tersebut. Terutama, dalam meningkatkan daya saing dan peluang bisnis untuk menambah penghasilan dan pendapatan keluarga melalui bidang usaha jasa pelaminan dan rias pengantin ini.

Kehadiran tim pkm dari jurusan Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (UNP) di kawasan setempat, tentu memberi warna tersendiri bagi warga setempat.

Kehadiran tim yang dipimpin oleh Vivi Efrianova, SST, MPd.T dan DR.dr Linda Rosalina S. Ked, M. Biomed ini terus menggali apa substansi yang menjadi kendala utama dalam bisnis yang digeluti oleh warga setempat selama ini. Terutama pola membangun mitra dengan masyarakat setempat.

Masalah yang dialami oleh mitra ini, tentu akan menghambat proses perkembangan dan daya saing dari usaha mitra tersebut dan akan berdampak pada perekonomian para warga yang melakoni bisnus ini di KelurahanTanjung Pauh.

Dengan adanya kerjasama Perguruan Tinggi dengan pihak mitra, diharapkan mampu memberikan solusi terhadap daya saing dari usaha jasa pelaminan dan rias pengantin, sehingga dapat bersaing dan meningkatkan pendapatan dan penghasilan dalam bidang usaha jasa pelaminan dan rias pengantin bagi pelakunya terutama di lingkup Kota Payakumbuh terlebih dahulu.

Solusi yang akan diberikan untuk mengatasi permasalahan mitra itu antara lain, dengan memberikan pelatihan tata rias pengantin Sumatera Barat dan mahendi sesuai dengan keahlian tim pengabdian di bidang Tata Rias dan Kecantikan.

Materi-materi yang diberikan saat pelatihan sebagai solusi permasalahan yang dihadapi mitra sebagai berikut, Sanitasi dan hygiene dalam bidang kecantikan, pelatihan pemilihan kosmetika untuk rias Pengantin dan Mahendi. Selain itu, menentukan warna riasan pengantin dan desain mahendi, serta teknik rias pengantin dan mahendi.

Sementara itu, untuk pelaksanaan pengabdian bagi masyarakat digunakan metode yang bervariasi antara lain, Metode ceramah dan tanya jawab tentang sanitasi dan hygiene kecantikan, serta rias pengantin dan mahendi, kemudian metode demonstrasi dan praktek, pengetahuan kosmetika rias pengantin dan mahendi, serta pemilihan warna riasan pengantin dan desain mahendi.

Untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra, maka solusi yang di tawarkan yaitu dengan memberikan pembinaan, pelatihan dan workshop keterampilan dalam sebagai upaya menumbuhkembangakan usaha jasa pelaminan dan rias pengantin bagi pelaku bisnis ini.

Sehingga, usai pelatihan dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan bersaing dalam usaha jasa pelaminan dan rias pengantin. Hal ini bertujuan sebagai upaya untuk menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan mitra usaha jasa pelaminan dan rias pengantin yang ada di Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

Setelah mitra usaha jasa pelaminan dan rias pengantin memahami mengenai pengetahuan dan keterampilan tentang teknik merias pengantin Sumatera Barat dan Mahendi secara teori, maka tindakan selanjutnya adalah memberikan pelatihan kepada mitra usaha jasa pelaminan dan rias pengantin mengenai keterampilan merias wajah pengantin dan mahendi.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan cara mempraktekkan macam-macam teknik merias wajah pengantin dan mahendi tersebut. Hasil dari pelatihan tersebut di desiminasikan, artinya ilmu pengetahuan yang telah diberikan untuk dimanfaatkan sehingga usaha jasa pelaminan dan rias pengantin yang khususnya berada di Kelurahan Tanjung Pauh dapat bersaing dan meningkatkan penghasilan dan pendapatannya dalam bidang usaha jasa pelaminan dan mahendi. Untuk mengakses audia visualnyanya bisa dilihat di linkhttps://youtu.be/SaEAj32agDM.(**)

Editor:Jontra
Kategori:Ragam
wwwwww