Loading...
Home >  Artikel >  Ragam

UNP dan Pemko Solok Launching Destinasi Wisata Baru Payo Nature

UNP dan Pemko Solok Launching Destinasi Wisata Baru Payo Nature
Universitas Negeri Padang (UNP) dan Pemerintah Kota Solok saat launching Destinasi Wisata Baru Payo Nature di Puncak Payo, Tanah Garam, Lubuk Sikarah, Kota Solok, 20 Oktober 2019 .
Kamis, 31 Oktober 2019 21:39 WIB
SOLOK - Civitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP) yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang 3, Prof Ardipal dan Pemerintah Kota Solok yang diwakili oleh Wakil Walikota Solok Reinier, S.T, M.M menggelar launching objek wisata baru Kota Solok di Objek Wisata Payo Nature, Kota Solok, Minggu 20 Oktober 2019 lalu.

Destinasi objek wisata baru Payo Nature Ini berada di Kawasan Puncak Payo yang berada di kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuak Sikarah, Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Walikota Solok saat launching tersebut juga menggambarkan keragaman potensi wisata dan budaya Kota Solok yang unik dan khas sebagai modal penting dalam pembangunan daerah, ulasnya.

Kawasan Payo memiliki potensi untuk dapat di kembangkan sebagai Agro Wisata karena kondisi alam yang sangat mendukung untuk pengembangan perkebunan serta berbagai jenis tanaman Holtikultura, selain itu dengan lokasi yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (Mdpl), Payo memiliki udara yang cukup sejuk dan didukung oleh pemandangan yang memanjakan mata pengunjung serta dapat dimanfaatkan untuk olah raga paralayang, tuturnya lagi.

Adapun pariwisata merupakan leading sector pembangunan daerah yang tertuang di dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), sebutnya.

Reiner juga mengapresiasi kerjasama dan dukungan berbagai pihak terutama pihak Universitas Negeri Padang yang telah mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui Program Pengembangan Nagari Binaan yang diketuai oleh Dr Yuliana, M.Si dan Program Kemitraan Masyarakat oleh Adek Kurnia Fiza, M.Par bersama Pemda Solok dan masyarakat Payo, yang telah mampu untuk mengemas dan menata sebuah objek wisata yang baru.

Wakil Rektor Bidang 3 Universitas Negeri Padang Prof Ardipal pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Pemko Kota Solok yang merespon positif berbagai kegiatan pengabdian masyarakat UNP di Solok. Kegiatan tersebut merupakan bentuk nyata dari kerjasama MoU yang dilakukan sejak tahun 2017 lalu, ucapnya.

Dalam kurun waktu tersebut, menurut Ardipal, UNP fokus didalam berbagai program penguatan kapasitas masyarakat di desa-desa, untuk mengoptimalkan nilai ekonomi dari berbagai potensi yang dimilikinya seperti manajemen objek wisata, pengelolaan kuliner, pengelolaan cinderamata serta produk ekonomi kreatif lainnya.

Prof Ardipal juga memberikan apresiasi khusus kepada Pokdarwis Payo yang sangat gigih untuk mewujudkan destinasi objek wisata baru di wilayahnya.

Dekan Pariwisata dan Perhotelan UNP Dra.Ernawati, M.Pd, Ph.D juga mengatakan bahwa acara launching objek wisata Payo Nature oleh Wakil Walikota Solok merupakan momentum bersejarah bagi perkembangan pariwisata daerah di Kota Solok di masa yang akan datang.

Agenda launching ini juga dihadiri dan didukung penuh oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Derah (Forkompimda), Dinas Pariwisata Kota Solok, Ketua LP2M UNP Prof Yasri, para penggiat pariwisata, biro perjalanan, dan tenaga pengajar dari Universitas Negeri Padang.

Selain itu, pembukaan objek wisata baru ini juga diramaikan oleh kehadiran mahasiswa/mahasiswi Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP, yang bertepatan pula sedang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat tahun 2019 sebanyak 750 orang.

Ernawatipun pun dengan semangat mengajak wisatawan baik lokal, domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke objek wisata Payo Nature, untuk memperoleh pengalaman eksotik yang tentunya akan sulit terlupakan, terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Pengabdi, Dr Yuliana juga mengemukakan bahwa masih banyak potensi Objek Wisata Payo Nature yang dapat dikembangkan dan belum tergarap secara maksimal, namun perlu pendampingan dan binaan dari stake holders terkait. Semoga tahun 2020 mendatang, kegiatan ini terus didukung penuh baik secara moril maupun materil dari LP2M UNP dan instansi terkait lainnya, harapnya. (**)

Editor : Jontra
Kategori : Ragam

Loading...
www www