Home  /  Berita  /  Nasional

Diskusi Temuan Irjen Karyoto dan Dewas KPK Soal Kebocoran Data: Secara Esensial Harusnya Sama

Diskusi Temuan Irjen Karyoto dan Dewas KPK Soal Kebocoran Data: Secara Esensial Harusnya Sama
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Rabu, 21 Juni 2023 12:19 WIB
JAKARTA - Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto, mengungkapkan telah melakukan pertemuan dan dialog dengan Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean. Mereka berdua membicarakan isu kebocoran dokumen KPK yang saat ini tengah menjadi sorotan publik.

"Minggu lalu, saya dan Ketua Dewas bertemu untuk membicarakan temuan kami masing-masing mengenai kasus ini," ungkap Karyoto saat diwawancara di Polda Metro Jaya, Jakarta, pada hari Selasa (20/6/2023).

Karyoto menjelaskan bahwa meski hasil temuan antara Polda Metro Jaya dan Dewas KPK berbeda, hal tersebut tidak menjadi hambatan. Ia memahami bahwa Dewas KPK memiliki cara dan tekniknya sendiri dalam melakukan penyelidikan dan tidak dapat dipaksakan untuk mengikuti langkah yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya.

"Pada dasarnya, kami tidak bisa memaksakan metode penyelidikan kami kepada Dewas KPK. Kami memiliki teknik dan cara kami sendiri dalam mencari dan menyelidiki dokumen, yang kemudian kami bandingkan dengan kejadian yang sebenarnya," terang Karyoto.

Meski demikian, Karyoto menekankan bahwa meski ada perbedaan temuan antara Polda Metro Jaya dan Dewas KPK, sejatinya esensi masalahnya harus sama. "Walaupun kita memandang dari sudut pandang yang berbeda, namun pada hakikatnya esensi masalahnya harus sama," tutur Karyoto.

Sebelumnya, Karyoto telah mengonfirmasi bahwa kasus kebocoran dokumen KPK telah naik ke tahap penyidikan. Karyoto menegaskan adanya unsur pidana dalam kasus kebocoran dokumen tersebut. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:detik.com
Kategori:Nasional
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/