Home  /  Berita  /  Tanah Datar

Gerakkan UMKM, Bank Nagari Jadikan Kain Tenun Lintau Buo Sebagai Seragam Pegawai

Gerakkan UMKM, Bank Nagari Jadikan Kain Tenun Lintau Buo Sebagai Seragam Pegawai
Pekerja tenun di sentra tenun Lintau Buo (antara/etri saputra)
Minggu, 20 Maret 2022 13:31 WIB
BATUSANGKAR – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat atau Bank Nagari wilayah Kabupaten Tanah Datar menjadikan kain songket produksi rumah tenun Lintau Buo sebagai baju seragam karyawan yang nantinya akan dipakai setiap hari Kamis.

Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar Fauzan di Batusangkar Sabtu (19/3/2022) mengatakan, penggunaan kain tenun tersebut merupakan salah satu upaya Bank Nagari dalam menggerakkan ekonomi masyarakat dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Secara tidak langsung dengan menggunakan seragam songket tenun ini kita juga mendorong ibu-ibu di sentra tenun untuk memproduksi dan pastinya meningkatkan UMKM kita," katanya.

Ia mengatakan untuk pemesanan kain songket tenun tersebut telah dilakukan sekitar dua bulan lalu dengan jumlah pemesanan sebanyak 80 helai.

Ia berharap penggunaan kain tenun oleh pegawai Bank Nagari nantinya juga sebagai promosi dalam memasarkan produk UMKM lokal untuk pasar yang lebih luas.

Komisaris Utama (Komut) Bank Nagari Benni Warlis mengatakan, penggunaan kain tenun membuktikan bahwa Bank Nagari bukan hanya sekedar tempat peminjaman uang melainkan juga memberikan motivasi dan contoh dalam memanfaatkan UMKM lokal.

Menggunakan kain tenun untuk seragam juga sebagai fashion bagi karyawan bank sekaligus model untuk promosi ke masyarakat.

"Siapa lagi kalau bukan kita, kapan lagi kalau bukan sekarang, karena tidak akan bisa maju usaha produk kita kalau kita tidak memakainya,'' ujar Benni.

Ia berharap pembelian kain tenun juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas kedepannya. "Karena pasar kita itu adalah wisatawan. Kalau mereka lihat kualitasnya kurang, mereka hanya akan beli sekali saja, tapi kalau kualitas bagus, akan selalu laku," tutupnya. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:sumbar.antaranews.com
Kategori:Ekonomi, Sumatera Barat, Tanah Datar
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/