Home  /  Berita  /  Politik

Ada Nama Airlangga hingga AHY, Ini 10 Tokoh yang Dianggap Kuat jadi Kandidat Capres 2024

Ada Nama Airlangga hingga AHY, Ini 10 Tokoh yang Dianggap Kuat jadi Kandidat Capres 2024
Silaturahmi Ketua Umum Partai Demokrat dengan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartanto. (Foto: Istimewa)
Minggu, 17 Januari 2021 14:53 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Pemilihan Presiden 2024 memang masih lama, kurang dari empat tahun lagi. Namun beberapa tokoh nasional sudah mulai bermanuver mencari simpati masyarakat untuk menjadi orang nomor satu di negeri ini.

Bahkan beberapa figur yang bakal tampil dalam pesta demokrasi lima tahunan ini sudah mulai diperbincangkan. Tak terkecuali dikalangan parpol dan ormas. Seperti DPW PKB Jatim yang sudah terang-terangan mendukung Abdul Muhaimin Iskandar, dan Golkar dengan Airlangga Hartanto.

Seberapa kuatkah peluang para tokoh tersebut? Menurut Pengamat Politik Ujang Komarudin, dengan sisa waktu yang masih panjang, siapapun tokohnya memiliki peluang yang sama. Tergantung bagaimana sang tokoh bisa bersimpati dengan kinerja dan tindak tanduknya.

"Bicara siapa yang paling kuat, tentu saat ini masih cair dan masih dinamis. Semua memiliki peluang dan kesempatan yang sama," ujar Ujang Komarudin saat dihubungi GoNews.co, Minggu (17/1/2021).

Menurutnya, tergantung bagaimana mereka semua (kandidat, red), memanfaatkan jabatannya untuk meraih simpati rakyat. "Nanti mereka semua terseleksi dengan pupularitas dan elektabilitasnya masing-masing. Siapa yang memiliki popularitas dan elektabilitas yang tinggi merekalah yang akan akan melaju. Begitu juga sebaliknya," tegasnya.

Saat ini, setidaknya ada 10 tokoh yang selalu muncul dalam polling lembaga survei. Mereka adalah: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, Gatot Nurmantyo, Agus Harimurti Yudhoyono, Anis Baswedan, Tri Rismaharini, Abdul Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto dan Megawati Soekarno Putri.

Dari data lembaga survei dengan pertanyaan terbuka kepada responden, siapa yang akan dipilih jika pilpres dilakukan sekarang? Nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, selalu memuncaki klasemen dengan elektabilitas tertinggi.

Namun ketika Kantor Berita Politik RMOL mencoba "mempersempit" pertanyaan. Yaitu menyodorkan empat nama ketua umum parpol lewat polling Twitter (13-14 Januari 2021), hasilnya justru berbeda.

Polling dengan tagar #TwitPol24Jam ini diikuti atau dipilih oleh 4.310 suara. Hasilnya, Airlangga mengantongi elektabilitas teratas yaitu 58,6 persen, disusul AHY 32,6 persen.

Adapun Prabowo dan Mega di bawah 10 persen, masing-masing 6,2 persen dan 2,7 persen.

"Pilpres 2024 masih lama. Tapi sudah ramai dibicarakan. Dengan asumsi pemimpin partai berpeluang besar, menurut Anda siapa dari empat ketua umum parpol ini yang pantas jadi presiden RI? (Nama sesuai alfabet). Nama lain silakan isi di kolom komentar," begitu pertanyaan kepada warganet yang diposting di akun @rmol_id.

Warganet berjumlah 4.310 suara memilih:

Agus H. Yudhoyono 32,6 persen.

Airlangga Hartarto 58,6 persen.

Megawati Soekarnoputri 2,7 persen.

Prabowo Subianto 6,2 persen.

Diluar dugaan, nama Airlangga memuncaki klasemen akhir polling tersebut.

Selain empat nama itu, netizen juga mengusulkan bebrapa nama. Seperti, Presiden PKS Ahmad Saikhu, Anies Baswedan, Moeldoko, Gatot Nurmantyo, Susi Pudjiastuti, Sultan Hamengkubuwana X, Ganjar Pranowo, Rizal Ramli, Tri Rismaharini, hingga Gibran Rakabuming Raka, dan Bobby Nasution.

Polling yang dibuka sejak Rabu kemarin (13/1) dan ditutup Kamis petang ini dikomentari 4.310 kali, diretweet 104, dan disukai 104 orang juga.

Polling ini sendiri bukan survei ilmiah sebagaimana dilakukan oleh lembaga survei kredibel. Polling hanya sebatas merekam dinamika warganet tentang kecenderungan terhadap kandidat calon presiden, khusunya empat nama di atas.

Sementara warganet yang menjadi pemilih dalam polling ini tidak bisa diverifikasi faktual, apakah menggunakan akun asli atau tidak.***

wwwwww