Home  /  Berita  /  GoNews Group

Semangat Hari Ibu 2020, FPI-PII Siap Dorong Kemajuan Bangsa

Semangat Hari Ibu 2020, FPI-PII Siap Dorong Kemajuan Bangsa
Ketua FPI-PII/wakil ketua Komisi IX DPR RI/wakil ketua DPP Partai Golkar, Hetifah Sjaifudian dalam sebuah kesempatan webinar membahas SDM Unggul beberapa waktu lalu. (foto: istimewa)
Selasa, 22 Desember 2020 11:36 WIB

JAKARTA - Ketua Forum Perempuan Insinyur - Persatuan Insinyur Indonesia (FPI-PII), Hetifah Sjaifudian menyatakan, pihaknya terus mendorong perempuan Indonesia dalam menciptakan solusi bagi berbagai tantangan bangsa.

Hal tersebut, kata Hetifah, sesuai dengan semangat 600 tokoh perempuan dalam Kongres Perempuan pada 22 Desember 1928 silam, yang kini diperingati sebagai Hari Ibu.

"Bila dulu perjuangan perempuan adalah mengentaskan buta aksara, maka tantangan saat ini adalah meningkatkan literasi digital dan mengentaskan kesenjangan digital. Perempuan-perempuan insinyur dapat menciptakan inovasi untuk menjawab tantangan-tantangan baru ini," kata Hetifah tertulis, Selasa (22/12/2020), tepat di momentum Hari Ibu 2020.

Hetifah yang juga dikenal sebagai wakil ketua Komisi IX DPR RI dan wakil ketua DPP partai Golkar itu, mengapresiasi banyaknya perempuan yang tercatat berkontribusi positif untuk bangsa. Meskipun, peran perempuan secara lebih inklusif masih harus ditingkatkan.

"Tenaga kesehatan paling banyak dari perempuan. Banyak juga perempuan yang terlibat dalam pembuatan vaksin dan juga program-program pemerintah dan BUMN. Di luar itu, kita patut berbangga bahwa baru-baru ini, dua ilmuwan perempuan Indonesia mendapatkan pengakuan dunia. Ibu Tri Mumpuni masuk dalam 22 Most Influential Muslim Scientists, dan Ibu Adi Utarini masuk ke dalam Nature's Ten People Who Helped Shape Science," paparnya.

Sehubungan dengan peningkatan peran perempuan untuk kemajuan bangsa, FPI-PII memiliki beberapa program untuk mengatasi berbagai tantangan dalam bidang Sains, Teknologi, Lingkungan, Seni, dan Matematika (STEAM).

Beberapa program tersebut antara lain; pembuatan platform digital untuk manajemen pengetahuan terkait insinyur perempuan; studi potret insinyur perempuan di Indonesia; program untuk mendorong minat STEAM bagi anak perempuan; serta peningkatan kapasitas dan kepemimpinan untuk insinyur perempuan.

FPI-PII berharap, dapat berkolaborasi dan meningkatkan sinergi dengan berbagai organisasi dan komunitas dalam mewujudkan kemajuan bangsa.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Umum, Politik, Nasional, GoNews Group
wwwwww