Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Katy Perry Tampil Memukau di Video Lip Sync Lagu Sabrina Carpenter 'Espresso'
Umum
24 jam yang lalu
Katy Perry Tampil Memukau di Video Lip Sync Lagu Sabrina Carpenter Espresso
2
Boy Pohan Berebut Tiket Wasit/Juri Tinju Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
11 jam yang lalu
Boy Pohan Berebut Tiket Wasit/Juri Tinju Olimpiade 2024 Paris
3
Kejutan, Aditya Tahan Remis Unggulan Pertama Pertamina Indonesia Grand Master Tournament 2024
Olahraga
7 jam yang lalu
Kejutan, Aditya Tahan Remis Unggulan Pertama Pertamina Indonesia Grand Master Tournament 2024
4
Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 Disambut Antusias di Medan
Olahraga
5 jam yang lalu
Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 Disambut Antusias di Medan
5
Duel Fisik dan Membaca Permainan Itu Keunggulan Sergio Ramos
Sepakbola
4 jam yang lalu
Duel Fisik dan Membaca Permainan Itu Keunggulan Sergio Ramos
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Politik

Gus Jazil: Tidak Ada Satupun Ayat Alquran yang Bertentangan dengan Pancasila

Gus Jazil: Tidak Ada Satupun Ayat Alquran yang Bertentangan dengan Pancasila
Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid saat meresmikan Rumah Tahfidz Alquran Ebqory di Kota Jember, Jawa Timur, Senin (21/12/2020). (Foto: Humas MPR)
Selasa, 22 Desember 2020 12:18 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JEMBER - Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid meresmikan Rumah Tahfidz Alquran Ebqory di Kota Jember, Jawa Timur, Senin (21/12/2020). Peresmian Rumah Tahfidz Alquran yang didirikan Amin Fadlillah tersebut dilakukan bersamaan dengan "Temu Tokoh Kebangsaan".

Dalam sambutannya, Gus Jazil, sapaan akrab Jazilul Fawaid mengatakan, rumah-rumah tahfid itu selalu menyala di mana-mana, termasuk yang ada di Jember. "Saya senang sebagai orang yang punya gelar sarjana Alquran, itu gelar yang berat dan harus kita pertanggungjawabkan," unkapnya.

Karena itu, dirinya merasa senang dan tersanjung bisa hadir sekaligus meresmikan rumah tahfiz sebagai tempat penghafal Alquran. "Saya tahu bahwa pendirian rumah tahfiz itu bagian dari cara menghidupkan cahaya di antara kita supaya di antara kita sering menyinari, saling memberikan cahaya tanpa membuat mata kita tertutup karena cahaya yang terlalu terang," tuturnya.

Kepada para santri yang sedang belajar menghafal Alquran, Gus Jazil mengingatkan, agar tidak pernah menganggap dirinya paling bercahaya atau paling terang. Sementara menganggap orang lain tidak. "Alquran itu cahayanya tidak menutup yang lain, semakin kita dekat semakin kita kelihatan, itu Alquran," terangnya.

Dirinya merasa sangat senang bisa dekat dengan para calon penghafal Alquran. Menurut Gus Jazil, Alquran sebagai pedoman kehidupan akan menjadi penjaga buat mereka yang membaca atau menghafalkannya.

"Jadi jangan dikira bahwa Anda ini yang menjaga Alquran, tapi sejatinya, Alquran lah yang akan menjaga Anda. Jangan pernah mengatakan saya sudah lancar, mungkin itu sekarang bisa 2 hari kalau Anda sombong (hafalan) hilang juga," katanya.

Menurutnya, apapun yang bersentuhan dengan Alquran akan menjadi mulia. "Tanah mana yang paling mulia? Tanah yang paling mulia adalah tanah yang disitu diturunkan Alquran. Nabi mana yang paling mulia? Nabi yang disitu menerima Alquran. Malaikat mana yang paling mulia? Malaikat yang membawa (wahyu) Alquran," tuturnya.

Sebagai Wakil Ketua MPR, Gus Jazil menegaskan bahwa tidak ada satupun ayat Alquran yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Alquran itu sempurna dan melingkupi semuanya. Dia tidak akan pernah terputus oleh zaman makanya jangan dibanding-bandingkan Pancasila sama Alquran lebih bagus mana ya tak sebanding. Kalau ada yang membandingkan dengan Undang-Undang Dasar, itu penyesatan itu, membandingkan dengan cara yang salah," katanya.

Karena itu, Gus Jazil yang juga Ketua Ikatan Keluarga Alumni Institut Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta itu berpesan agar para santri selalu membaca Alquran dengan sebaik-baiknya dan juga mempelajari maknanya.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/