Loading...
Home >  Berita >  Umum

Dikritik Mantan PM Malaysia Mahathir Mohammad, MasterchefUK: Rendang Bukan Kuliner Asli Malaysia, Namun Indonesia

Dikritik Mantan PM Malaysia Mahathir Mohammad, MasterchefUK: Rendang Bukan Kuliner Asli Malaysia, Namun Indonesia
Rabu, 04 April 2018 10:42 WIB
LONDON - Mungkin inilah polemik soal menu makanan yang paling menyita perhatian. Sampai-sampai mantan perdana menteri ikut terlibat berkomentar di akun sosial media.

Ya, Malaysia sedang riuh oleh polemik rendang ayam yang disajikan Zaleha di ajang Masterchef UK. Sang koki mengkritik menu makanan kontestan yang akhirnya tereliminasi dari ajang tersebut.

Polemik semakin panas karena juri tersebut menyinggung asal usul rendang yang disebutnya asli Indonesia. Inilah yang membuat mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad ikut berkomentar.

Melalui akun Twitter pribadinya, @chedetofficial, Mahathir menjawab cuitan juri Masterchef UK John Torode yang mendebat keaslian rendang.

"Mungkin anda bingung antara rendang ayam dengan KFC," tulis Mahathir, Selasa, 3 April 2018. Dr Mahathir Mohamad

Sebelumnya dikabarkan, warganet mengkritik John Torode. Warganet menyebut bahwa rendang merupakan makanan klasik yang tidak boleh diubah-ubah sesuai selera juri.

Tetapi, Torode memberikan jawaban yang tidak kalah sengitnya. Bukan membahas penilaiannya, Torode malah mempertanyakan keaslian masakan rendang.

Torode mengatakan masakan rendang sebenarnya bukan kuliner asli Malaysia, namun hanya adaptasi. Menurutnya, rendang merupakan makanan khas Indonesia.

Maybe Rendang is Indonesian !! Love this !! Brilliant how excited you are all getting .. Namaste https://t.co/CThRmhaEAc

Polemik Rendang itu bermula ketika juri Masterchef UK, John Torode dan Gregg Wallace keliru menilai sajian rendang peserta Malaysia Zaleha Kadir Olpin, harus tersingkir.

Zaliha menyajikan menu Nasi Lemak dan Ayam Rendang. Sayangnya, suguhan Zaleha mendapat kritikan pedas dari Torode dan Gregg.

Kedua juri yang merupakan chef itu menyebut seharusnya ayam yang disajikan Zaleha bertekstur kering di luar dan lembut di dalam. Tidak hanya itu, mereka juga mengatakan terlalu banyak saus menempel di ayam Zaleha.

"Saya suka rasa rendang. Ada rasa manis dari santannya. Tapi kulit ayam ini tidak renyah. Tidak bisa dimakan dan semua bumbunya menempel pada kulit, saya tidak bisa memakannya," kata Wallace. ***

Editor : Hermanto Ansam
Sumber : dream.co.id
Kategori : Umum, GoNews Group, Sumatera Barat, Rantau

Loading...
www www