Home  /  Berita  /  Peristiwa

22 Foto Traveling Dunia Terbaik 2018, Satu dari Indonesia, Tepatnya di Pekanbaru, Riau

22 Foto Traveling Dunia Terbaik 2018, Satu dari Indonesia, Tepatnya di Pekanbaru, Riau
Salah satu foto destinasi wisata Riau, dari 22 foto yang di release CNN. (istimewa)
Rabu, 04 April 2018 13:57 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Pada Sabtu, (31/3/2018) baru-baru ini, CNN Travel melalui situs web resmi mereka merilis 22 foto terbaik perjalanan dunia tahun 2018, pada halaman situs itu, terlampir sebuah foto dari Indonesia yang menggambarkan dua orang gadis sedang berswafoto pada perayaan tahun baru Imlek di kampung Cina Pekanbaru.

Foto itu jepretan fotografer asal kota Pekanbaru, Afrianto Silalahi (33). Dirinya yang berprofesi sebagai fotografer sekaligus wartawan lepas, mengakui pernah mengirimkan foto itu ke agency foto, Getty Images.

Dari situlah banyak media internasional yang mempublikasikan foto perayaan tahun baru imlek yang lokasinya di jalan Karet kota Pekanbaru provinsi Riau.

Afrianto Silalahi yang juga bekerja sebagai pegawai tidak tetap (PTT) di Dinas Pariwisata provinsi Riau, terkejut dan merasa senang setelah mengetahui karyanya menjadi foto terbaik perjalanan dunia tahun 2018 yang dirilis CNN Travel.

"Saya terkejut dan bangga, rasa-rasanya tidak percaya foto itu bisa menjadi foto perjalanan terbaik tahun 2018," kata Afrianto, di Pekanbaru, pada Kamis (4/4) pagi.

"Saya motret foto itu beberapa bulan lalu, tepatnya pada hari Kamis tanggal 16 Februari. Setiap tahunnya perayaan pergantian tahun baru imlek di Pekanbaru merupakan perayaan besar bagi warga etnis Tionghoa yang dimeriahkan dengan pesta kembang api dan menyuguhkan berbagai atraksi panggung hiburan," ungkap Afrianto Silalahi, pria yang juga aktif di komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) regional Riau.

"Lokasi tempat perayaan imlek di jalan karet memang sangat ideal untuk kegiatan fotografi, gemerlap tata cahaya lampion di perkampungan Cina itu membuat kesan artistik tersendiri. Banyak warga Pekanbaru yang datang untuk berswafoto," tuturnya.

Mengetahui hal ini, Kepala Dinas (Kadispar) Pariwisata provinsi Riau, Fahmizal Usman, sangat memberikan apresiasi yang tinggi kepada Afrianto Silalahi, menurutnya perkembangan subsektor fotografi di Indonesia cukup pesat, hal ini tak lepas dari banyaknya generasi muda yang sangat antusias belajar fotografi.

"Tak sedikit pula dari mereka yang kemudian memutuskan terjun di bidang ini sebagai profesional. Kami Dinas paraiwisata provinsi Riau, sangat memberikan apresiasi yang positif terhadap dunia fotografi. Saya ucapkan selamat kepada Afrianto Silalahi, semoga karya-karyanya terus berjaya membantu provinsi Riau menyapa dunia," kata kadispar Riau Fahmizal Usman.

Tidak hanya foto dari Indonesia saja yang terpilih menjadi foto terbaik perjalanan dunia tahun 2018 pada halaman situs web CNN Travel, ada juga foto yang lokasinya dari beberapa negara lain yang turut dipamerkan.

Yaitu Mumbai India, Washington DC, Xinjiang Uygur di China, Tokyo Jepang, Neve Zohar Israel, Seoul, La ConcepciĆ³n Mexico, , Longyan China, Dhofar Oman, London, Kanada, Seoul, Jerman, Lima Peru, Vilanova de Sau Catalonia Spanyol, Srinagar Kashmir India, Nepal, Polandia, Istambul Turki, dan Italia. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/