Home  /  Berita  /  GoNews Group

Sebut Cacing Sarden Sumber Protein, Netizen: Biar Bu Menteri Saja Yang Makan, Kita Gak Kuat, Berat!

Sebut Cacing Sarden Sumber Protein, Netizen: Biar Bu Menteri Saja Yang Makan, Kita Gak Kuat, Berat!
Menkes Nila Moeluk. (Istimewa)
Jum'at, 30 Maret 2018 11:52 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Sebanyak 27 merek produk ikan kaleng makarel hasil pengujian yang dilakukan BPOM positif mengandung parasit cacing.

Sementara Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan cacing yang berada pada ikan makarel, mengandung protein. Ia menilai cacing tersebut tidak membawa efek berbahaya selama makanan itu diolah dengan benar.

"Setahu saya itu (ikan makarel) kan nggak dimakan mentah, kita kan goreng lagi, atau di masak lagi, cacingnya mati lah. Cacing itu sebenarnya isinya protein, berbagai contoh aja tapi saya kira kalau udah di masak kan saya kira juga steril. Insya Allah gak jadi," kata Menkes di ruang rapat Komisi XI DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2018).

Menurut Menkes, cacing hanya berkembang biak di tempat yang cocok dengan siklus hidupnya. "Kalau lingkungannya cocok perut kita dia (cacing) akan berkembang biak, misalnya begitu. Kalau nggak sesuai ya tentu dia (cacing) mati juga," ujar Nila.

Namun, Nila mengatakan masyarakat tetap perlu berhati-hati dalam memilih-milih produk makanan."Pertama-tama kalau saya lihat kadaluwarsa itu harus kita lihat, tanggal ekspried harus kita lihat, misalnya pada waktu kita buka kelihatan tidak baik itu jangan dilakukan, agak hati-hati saja ya. Kalau sakit kita ya repot nanti biayanya," kata Nila.

Menanggapi pernyataan menteri, Kepala BPOM RI Penny K.Lukito mengatakan cacing Parasit yang ditemukan positif dalam ikan makarel itu ikut mati saat diolah.

"Jadi temuan cacingnya dalam kondisi mati tapi setelah kita telusuri dan bagaimana nanti ada ahlinya yang jelaskan, efeknya tidak ada zat yang berbahaya," kata Penny saat dikonfirmasi, di Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Tak hanya BPOM, sejumlah netizen di jagad maya pun menanggapi beragam atas komentar sang menteri.

Akun Jerry misalnya, di akun facebooknya, ia menulis. "Biar bu menteri saja yang makan, kita gak akan kuat berat," sindirnya yang mengambil kata-kata dari adegan film Dilan.

Yunita Sari juga menulis hal serupa. Namun ia lebih ektrime lagi dengan menanyakan kondisi fisik sang menteri dan Presdien Jokowi yang kurus. "Jangan-jangan bu menteri dan presiden badanya kurus kebanyakan makan cacing nih," tulisnya.

Diberbagai akun medsos seperti Twitter, Facebook, memang sedang ramai-ramainya postingan menanggapi pernyataan Menkes tersebut.***

Sumber:berbagai sumber
Kategori:GoNews Group, Umum, Ekonomi, Pemerintahan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/