Home  /  Berita  /  GoNews Group

Sebar Foto Hoax Rohingya, Brani: Tindakan Tifatul Sembiring Memalukan

Sebar Foto Hoax Rohingya, Brani: Tindakan Tifatul Sembiring Memalukan
Wakil Ketua Komite I DPD RI, Benny Rhamdani. (istimewa)
Senin, 04 September 2017 21:24 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Wakil Ketua Komite I DPD RI, Benny Rhamdani (Brani), menganggap Tifatul Sembiring telah bertindak memalukan. Dimana mantan Menkominfo era Presiden SBY tersebut membuat status dan memajang foto hoax terkait tragedi kemanusiaan rohingya.

"Itu tindakan memalukan sekaligus menyedihkan. Seorang pejabat negara yang juga sekelas mantan menteri Kominfo, tidak bisa membedakan mana berita hoak yang mengandung unsur kebohongan dan tidak layak disebarluaskan karena berdampak destruktif bagi masyarakat, dan berita baik yang mengandung unsur kebenaran yang layak diseberkan karena memiliki nilai-nilai edukatif bagi masyarakat.," ujar Brani kepada GoNews.co, Senin (4/9/2017).

Meskipun pihak Tifatul Sembiring sendiri sudah meminta maaf atas tindakannya tersebut, namun kata Brani, sebagai pejabat negara, harusnya Tifatul memberikan nilai-nikai keteladanan bagia mayarakat ditengah kebebasan informasi dan penyalahgunaan media sosial yang semakin menggila.

"Ditengah kegilaan penyalahgunaan media sosial di tengah kebebasan informasi, kita harus pandai menjadi orang waras ditengah banyak orang gila saat ini," tegasnya.

" tanpamengurangi rasa peduli dan empati kita terhadap warga Rohingya yang telah menjadi korban kejahatan kemanusiaan, harusnya tifatul sadar bahwa berita hoax tentang Rohingya akan memiliki dampak buruk yang sangat liar yang akan mempengaruhi tindakan publik menyikapinya" tegasnya kembali.

"Cuitan Tifatul ini menjadi sangat menyedihkan karena Tifatul adalah seorang mantan Menkominfo yang harusnya mampu menjadi orang yang bijak sebelum menyebarkan sebuah berita," tandasnya.

"Bukan kita tidak empati terhadap tragedi kemanusiaan yang ada di sana. Namun setidaknya berikan informasi yang benar, jangan sampai memprovokasi masyarakat," tegasnya.

Sebelumnya, foto hoax yang disebar Tifatul di jejaring sosial twitter pertama kali dibongkar oleh akun@kangdede78. Foto hoax yang disebar Tifatul terkait pembunuhan massal kaun muslim rohingya Myanmar. Namun setelah ditelesuri foto itu bukanlah korban rohingya melainkan kasus di Thailand pada tahun 2004 lalu.

Karena ulahnya itu, bukan hanya Brani saja yang geram. Tapi warganet pun geregetan melihat akun Tifatul yang menyebar berita hoax. Ataukah memang ini sengaja, sama seperti saat Tifatul mengaku tidak sengaja salah pencet akun prono.

"Pak Tifatul memang jagonya ngeles. Kali ini pun saya yakin dia akan membuat alasan untuk mengeles juga. Apakah kali ini tidak sengaja terpencet juga?? Memang tidak habis pikir kalau melihat elit PKS seperti ini," ujar netizen.

"Kalau elitnya aja seperti ini, maka tidak heran kalau kader dan simpatisannya bernama Cyber Army juga melakukan hal yang sama," ujar warganet. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/