Home  /  Berita  /  GoNews Group

Soal Logo Palu Arit di Uang Rupiah Baru, Kapolda Metro Jaya Pastikan Habib Rizieq Salah

Soal Logo Palu Arit di Uang Rupiah Baru, Kapolda Metro Jaya Pastikan Habib Rizieq Salah
Habib Rizieq saat menyambangi Gedung DPR. (Muslikhin/GoNews.co)
Rabu, 11 Januari 2017 19:08 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Kapolda Metro Jaya, Irjen Mohammad Iriawan mengakui adanya perubahan hologram sistim pengamanan di mata uang baru yang dinamakan retroperso. Untuk itu pernyataan Imam Besar FPI Habib Rizieq soal adanya logo Palu-Arit adalah sebuah kesalahan.

"Itu bukan berlambang palu arit. Jadi dua mata sisi itu berbeda. Kalau diterawang, akan terlihat lambang BI. Silahkan diliat," katanya saat ekspos narkoba di Polda Metro Jaya, Rabu (11/1/2017).

Untuk itu ia mengaku polisi akan menyelidiki apakah Rizieq sengaja melakukan penghinaan atau tidak. Polisi akan periksa sejumlah saksi sebelum proses dilakukan gelar perkara.

"Nanti saksi ahli akan kami periksa. Yang menentukan dari pihak Bank Indonesia ya yang menentukan," ujar dia.

Pernyataan Kapolda ini terkait adanya laporan dari Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (Jimaf) yang melaporkan imam besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Minggu, (8/1/2017).

Rizieq Shihab diduga menyebarkan berita bohong dan kebencian bermuatan Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA). Laporan itu tercantum di LP/92/I/2017/PMJ/ Ditreskrimsus, tanggal 08 Januari 2017.

Ketua JIMAF, M Herdiyan Saksono Zoulba, mengatakan dugaan penyebaran berita bohong dan kebencian bermuatan SARA itu diucapkan Habib Rizieq saat ceramah di suatu daerah yang tersebar luas di jejaring sosial melalui akun Youtube.

"Pokoknya menyebut adanya simbol Palu-Arit dalam pecahan mata uang rupiah yang baru dikeluarkan Bank Indonesia (BI) dengan dikonotasikan simbol PKI," ujar Herdiyan.

Untuk mendukung laporan, pelapor membawa barang bukti, berupa rekaman video dan Screenshot saat Habib Rizieq ceramah yang diambil dari akun Youtube.

Di rekaman video ceramah Habib Rizieq yang berdurasi kurang lebih 3 menit tersebut, terdapat pernyataan yang terindikasi dugaan tindakan pidana penghasutan.

Diantaranya, 'Supaya nyata bagian huruf lain disamarkan dan nyata. Ini riil kita sdh lapor ke kapolri apa tindakannya, INI BUKAN FITNAH , yg ini tulisannya BI yang ini palu arit, ini kebablasan palu arit. Disini palu arit didepanya palu arit sodara, ini palu arit, palu arit lambang apa ? Lambang PKI'

'Nah skrg diganti sama duit baru ada duit 2 rb ada duit 5 ribu ada 10 rb lagi2 yg dinyatakan palu arit, ini palu arit semua sodara, kita liat cetakanya ini palu arit, ini bolak balik palu arit, alesannya itu BI iyah, tapi mmg ini BI tulisannya. Tapi yg jd pertanyaan begitu tdk ada matahari yg keluar palu arit, jd yg bagian palu arit dikasih merah biar jelas sodara. Bagian yg bukan palu arit disamarkan kita tanya sodara sejak kapan uang negara pakai palu arit, INI BUKAN FITNAH INI FAKTA. FAKTA' ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/